Strategi Rekrutmen Peserta Didik Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Di Sekolah Menengah Pertama (SMP) Kristen
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.6692Abstract
Peserta didik memiliki peran penting terhadap peningkatan mutu pendidikan, tanpa peserta didik maka proses pendidikan di sekolah tidak bisa berlangsung. Oleh karena itu sekolah perlu menentukan strategi dalam melakukan rekrutmen peserta didik. SMP Kristen 4 Salatiga setiap tahun mengalami penurunan peserta didik, dengan demikian hal itu perlu diatasi dengan menentukan strategi yang tepat dalam merekrut peserta didik. Berdasarkan permasalahan tersebut, maka penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi rekrutmen peserta didik dalam meningkatkan mutu pendidikan di SMP Kristen 4 Salatiga, menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan analisis SWOT (Strenghts, Weaknesses, Opportunities, and Threats). Melalui analisis SWOT dapat dirumuskan strategi-strategi rekrutmen peserta didik dalam meningkatkan mutu pendidikan di SMP Kristen 4 Salatiga. Berdasarkan penelitian yang dilakukan, dapat disimpulkan bahwa strategi yang tepat bagi rekrtumen peserta didik di SMP Kristen Salatiga adalah Strategi Bertahan (WT). Adapun strateginya yaitu: 1) meningkatkan promosi sekolah diberbagai sosial media, 2) meningkatkan keamanan sekolah, 3) meningkatkan mutu sekolah, dan 4) mengajukan permintaan penambahan tenaga pendidik ke Yayasan.Downloads
Published
2022-09-13
How to Cite
Yusup, W. B. (2022). Strategi Rekrutmen Peserta Didik Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Di Sekolah Menengah Pertama (SMP) Kristen . Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(5), 1542–1549. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.6692
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Wirastiani Binti Yusup

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).





.png)









