Hubungan Motivasi Dan Kesadaran Metakognisi Dengan Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas XI IPA di SMA Negeri 1 Bangko Kabupaten Rokan Hilir Tahun Ajaran 2021/2022
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.6684Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan motivasi dan kesadaran metakognisi dengan hasil belajar Biologi siswa kelas XI IPA di SMA Negeri 1 Bangko Kabupaten Rokan Hilir Tahun Ajaran 2021/2022. Metodelogi kuantitatif dengan jenis korelasi, dilaksanakan bulan Mei sampai Juni 2022. Pengumpulan data melalui angket, wawancara, dan dokumentasi. Pengambilan sampel dengan teknik Simple Random Sampling, jumlah 125 orang. Analisis data menggunakan teknik analisis Korelasi Pearson Product Moment. Hasil yang diperoleh rata-rata motivasi belajar siswa yaitu sebesar 78,26% ketegori tinggi, rata-rata nilai kesadaran metakognisi siswa yaitu sebesar 143,35% kategori ok, rata-rata hasil belajar Biologi siswa yaitu sebesar 77,58% ketegori sedang. Selanjutnya antara motivasi belajar (X1), kesadaran metakognisi (X2) dengan hasil belajar (Y) terdapat korelasi yang cukup tinggi dengan indeks korelasi (rxy) sebesar 0,77%, kontribusi motivasi belajar dan kesadaran metakognisi terhadap hasil belajar Biologi sebesar 60%. Hal ini juga dibuktikan dengan besarnya nilai thitung (13,50) > ttabel (1,979) yang berarti H0 ditolak dan Ha diterima. Dapat disimpulkan terdapat hubungan yang signifikan antara motivasi belajar dan kesadaran metakognisi dengan hasil belajar Biologi siswa kelas XI IPA di SMA Negeri 1 Bangko Kabupaten Rokan Hilir Tahun Ajaran 2021/2022.Downloads
Published
2022-10-02
How to Cite
Pangestuti, D., & Suryanti. (2022). Hubungan Motivasi Dan Kesadaran Metakognisi Dengan Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas XI IPA di SMA Negeri 1 Bangko Kabupaten Rokan Hilir Tahun Ajaran 2021/2022. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(5), 3907–3914. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.6684
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Dewi Pangestuti, Suryanti

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).





.png)









