Hubungan Motivasi Dan Kesadaran Metakognisi Dengan Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas XI IPA di SMA Negeri 1 Bangko Kabupaten Rokan Hilir Tahun Ajaran 2021/2022

Authors

  • Dewi Pangestuti Universitas Islam Riau
  • Suryanti

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.6684

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan motivasi dan kesadaran metakognisi dengan hasil belajar Biologi siswa kelas XI IPA di SMA Negeri 1 Bangko Kabupaten Rokan Hilir Tahun Ajaran 2021/2022. Metodelogi kuantitatif dengan jenis korelasi, dilaksanakan bulan Mei sampai Juni 2022. Pengumpulan data melalui angket, wawancara, dan dokumentasi. Pengambilan sampel dengan teknik Simple Random Sampling, jumlah  125 orang. Analisis data menggunakan teknik analisis Korelasi Pearson Product Moment. Hasil  yang diperoleh  rata-rata motivasi belajar siswa yaitu sebesar 78,26% ketegori tinggi, rata-rata nilai kesadaran metakognisi siswa yaitu sebesar 143,35% kategori ok, rata-rata hasil belajar Biologi siswa yaitu sebesar 77,58% ketegori sedang. Selanjutnya antara motivasi belajar (X1), kesadaran metakognisi (X2) dengan hasil belajar (Y) terdapat korelasi yang cukup tinggi dengan indeks korelasi (rxy) sebesar 0,77%, kontribusi motivasi belajar dan kesadaran metakognisi terhadap hasil belajar Biologi sebesar 60%. Hal ini juga dibuktikan dengan besarnya nilai thitung (13,50) > ttabel (1,979) yang berarti H0 ditolak dan Ha diterima. Dapat disimpulkan terdapat hubungan yang signifikan antara motivasi belajar dan kesadaran metakognisi dengan hasil belajar Biologi siswa kelas XI IPA di SMA Negeri 1 Bangko Kabupaten Rokan Hilir Tahun Ajaran 2021/2022.

Downloads

Published

2022-10-02

How to Cite

Pangestuti, D., & Suryanti. (2022). Hubungan Motivasi Dan Kesadaran Metakognisi Dengan Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas XI IPA di SMA Negeri 1 Bangko Kabupaten Rokan Hilir Tahun Ajaran 2021/2022. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(5), 3907–3914. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.6684