Analisis Kesulitan Guru Dalam Mengukur Aktivitas Belajar Siswa Pada Pembelajaran Jarak Jauh

Authors

  • Arif Widodo Universitas Mataram http://orcid.org/0000-0002-1411-6464
  • Angga Prayogi Dwina Universitas Mataram
  • Muhammad Syazali Universitas Mataram
  • Umar Umar Universitas Mataram

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.6654

Abstract

Aktivitas belajar merupakan salah satu bagian penting dalam proses pembelajaran. Keterlibatan siswa dalam pembelajaran dapat mempengaruhi hasil belajar yang didapatkan. Keseriusan siswa dalam belajar dapat diukur melalui besarnya keterlibatan siswa dalam pembelajaran. Semakin besar keterlibatan siswa dalam belajar maka peluang kesuksesan belajar yang didapatkan semakin besar pula. Hasil studi pendahuluan pada salah satu sekolah dasar di kabupaten Lombok Barat mengindikasikan bahwa sejumlah guru masih mengalami kesulitan dalam mengukur aktivitas belajar siswa terutama pada pembelajaran jarak jauh. Untuk mengetahui lebih mendalam tentang fenomena yang terjadi maka perlu dilakukan penelitian lanjutan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apa saja yang menyebabkan guru mengalami kesulitan dalam mengukur aktivitas belajar siswa pada pembelajaran jarak jauh. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Subjek dalam penelitian ini adalah guru sekolah dasar. Penelitian dilakukan pada salah satu sekolah dasar di kabupaten Lombok Barat. Pengumpulan data menggunakan wawancara. Instrumen yang digunakan berupa pedoman wawancara. Hasil penelitian menemukan fakta bahwa kesulitan guru dalam mengukur aktivitas belajar siswa dikarenakan beberapa faktor, antara lain: Pertama, belum adanya instrument khusus yang dapat digunakan guru untuk mengukur aktivitas belajar siswa dalam pembelajaran jarak jauh. Kedua, belum adanya kolaborasi antara guru dengan orang tua untuk menilai aktivitas belajar siswa.

Downloads

Published

2022-09-11

How to Cite

Widodo, A., Prayogi Dwina, A., Syazali, M., & Umar, U. (2022). Analisis Kesulitan Guru Dalam Mengukur Aktivitas Belajar Siswa Pada Pembelajaran Jarak Jauh. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(5), 1278–1282. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.6654