The Influence of Angklung Extracurricular in Increasing Love for Sundanese Culture

Authors

  • Clara Debbyta Wulandari Indonesian University of Education
  • Rina Maryanti Indonesian University of Education

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.6651

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah untuk meningkatkan kecintaan terhadap budaya Indonesia khususnya budaya Jawa Barat yang diadakan dalam kegiatan pembelajaran angklung bagi siswa sekolah. 178 SDN Gegerkalong. Oleh karena itu, guru harus memberikan metode pembelajaran yang memudahkan anak dalam mempelajari alat musik tradisional angklung. Sebelum diberikan pembelajaran angklung, siswa kurang memahami jenis-jenis angklung yang berasal dari Jawa Barat dan belum memahami cara memainkan angklung. Kemudian kami melakukan penelitian. Langkah-langkah yang kami lakukan untuk mendapatkan hasil, pertama dengan melakukan penelitian deskriptif kualitatif, yaitu mendeskripsikan, mendeskripsikan, dan mendeskripsikan masalah yang diteliti. Kami meminta siswa untuk mengisi link PreTest dan PostTest di Google Form terlebih dahulu. Kedua, kami mengajarkan lagu Tokecang yang merupakan lagu daerah Jawa Barat dengan metode pembelajaran sambil bermain di dalam kelas. Nilai rata-rata yang diperoleh PreTest 66,5 dan terjadi peningkatan setelah dilakukan PostTest, dengan nilai rata-rata 93,5. Dari hasil tersebut menunjukkan bahwa penelitian berhasil dilakukan. Dampak yang terjadi setelah diberikan pembelajaran tentang angklung adalah siswa antusias untuk berlatih dan ingin melestarikan alat musik angklung dengan memperkenalkan permainan angklung dalam acara-acara yang diadakan di sekolah.

Downloads

Published

2022-09-07

How to Cite

Wulandari, C. D. ., & Maryanti, R. . (2022). The Influence of Angklung Extracurricular in Increasing Love for Sundanese Culture. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(5), 592–597. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.6651