The Influence of Angklung Extracurricular in Increasing Love for Sundanese Culture
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.6651Abstract
Latar belakang penelitian ini adalah untuk meningkatkan kecintaan terhadap budaya Indonesia khususnya budaya Jawa Barat yang diadakan dalam kegiatan pembelajaran angklung bagi siswa sekolah. 178 SDN Gegerkalong. Oleh karena itu, guru harus memberikan metode pembelajaran yang memudahkan anak dalam mempelajari alat musik tradisional angklung. Sebelum diberikan pembelajaran angklung, siswa kurang memahami jenis-jenis angklung yang berasal dari Jawa Barat dan belum memahami cara memainkan angklung. Kemudian kami melakukan penelitian. Langkah-langkah yang kami lakukan untuk mendapatkan hasil, pertama dengan melakukan penelitian deskriptif kualitatif, yaitu mendeskripsikan, mendeskripsikan, dan mendeskripsikan masalah yang diteliti. Kami meminta siswa untuk mengisi link PreTest dan PostTest di Google Form terlebih dahulu. Kedua, kami mengajarkan lagu Tokecang yang merupakan lagu daerah Jawa Barat dengan metode pembelajaran sambil bermain di dalam kelas. Nilai rata-rata yang diperoleh PreTest 66,5 dan terjadi peningkatan setelah dilakukan PostTest, dengan nilai rata-rata 93,5. Dari hasil tersebut menunjukkan bahwa penelitian berhasil dilakukan. Dampak yang terjadi setelah diberikan pembelajaran tentang angklung adalah siswa antusias untuk berlatih dan ingin melestarikan alat musik angklung dengan memperkenalkan permainan angklung dalam acara-acara yang diadakan di sekolah.Downloads
Published
2022-09-07
How to Cite
Wulandari, C. D. ., & Maryanti, R. . (2022). The Influence of Angklung Extracurricular in Increasing Love for Sundanese Culture. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(5), 592–597. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.6651
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Clara Debbyta Wulandari, Rina Maryanti
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).