Pembelajaran Eksperimen terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif dan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.6642Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh penggunaan metode pembelajaran Eksperimen terhadap kemampuan berpikir kreatif dan berpikir kritis siswa pada pembelajaran IPA di SD. Dalam penelitian ini, metode yang digunakan yaitu metode kuantitatif, menggunakan Quacy Experimental Design, dengan desain penelitian posttest- Only Desigh. Sampel dalam penelitian dipilih 2 kelas secara random dan diperoleh SD Negeri Sidakaya 07 sebagai kelas kontrol dengan jumlah 25 siswa dan SD Negeri Sidakaya 09 sebagai kelas eksperimen jumlah 23 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar observasi dan tes.Data dianalisis dengan Uji- t dua sample independen Hasil penelitian menunjukkan 1) adanya pengaruh pembelajaran eksperimen terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa SD Pada materi IPA 2) adanya pengaruh pembelajaran eksperimen terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa SD Pada materi IPA.Downloads
Published
2022-09-07
How to Cite
Sutrisno, S., & Jazuli, A. . (2022). Pembelajaran Eksperimen terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif dan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(5), 523–532. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.6642
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Sutrisno

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).





.png)









