Pembelajaran Eksperimen terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif dan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar

Authors

  • Sutrisno Sutrisno Universitas Terbuka
  • Akhmad Jazuli Universitas Terbuka, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.6642

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh  penggunaan metode pembelajaran Eksperimen  terhadap kemampuan berpikir kreatif dan berpikir kritis siswa pada pembelajaran IPA di SD. Dalam penelitian ini, metode yang digunakan yaitu metode kuantitatif, menggunakan Quacy Experimental Design, dengan  desain penelitian posttest- Only Desigh. Sampel dalam penelitian dipilih 2 kelas secara random dan diperoleh SD Negeri Sidakaya 07 sebagai kelas kontrol dengan jumlah  25 siswa dan SD Negeri Sidakaya 09  sebagai kelas eksperimen jumlah 23 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar observasi dan tes.Data dianalisis dengan Uji- t dua sample independen Hasil penelitian menunjukkan 1) adanya pengaruh pembelajaran eksperimen terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa SD Pada materi IPA 2) adanya pengaruh pembelajaran eksperimen terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa SD Pada materi  IPA.

Downloads

Published

2022-09-07

How to Cite

Sutrisno, S., & Jazuli, A. . (2022). Pembelajaran Eksperimen terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif dan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(5), 523–532. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.6642