Faktor Penentu Tingkat Pemahaman Belajar dalam Pembelajaran Tatap Muka Terbatas pada Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Universitas Riau
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.6486Abstract
Penenelitian ini bertujuan untuk menguji faktor penentu tingkat pemahaman belajar yaitu minat membaca,waktu belajar,intesitas pemberian tugas, dan metode mengajar dosen berpengaruh terhadap tingkat pemahaman belajar dalam pembelajaran tatap muka terbatas pada mahasiswa Pendidikan Ekonomi Universitas Riau. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa aktif Pendidikan Ekonomi Universitas Riau angkatan 2019,2020, dan 2021. Sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik proportionate stratified random sampling dan diperoleh sebanyak 207 mahasiswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif dan untuk menganalisis data menggunakan regresi linier berganda. Adapun hasil penelitian menunjukan bahwa minat membaca, waktu belajar, intesitas pemberian tugas dan metode mengajar dosen memiliki pengaruh positif dan signifikan secara silmutan terhadap tingkat pemahaman belajar. Besar pengaruh diketahui dari nilai Koefisien Determinasi (R2) sebesar 0,492 atau 49,2%, sedangkan sisanya sebesar 50,8% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Secara parsial, minat membaca, waktu belajar, intesitas pemberian tugas,dan metode mengajar dosen berpengaruh signifikan terhadap tingkat pemahaman belajar dalam pembelajaran tatap muka terbatas.Downloads
Published
2022-08-31
How to Cite
Shintya, V. A. ., Haryana, G. ., & Mujiono, M. (2022). Faktor Penentu Tingkat Pemahaman Belajar dalam Pembelajaran Tatap Muka Terbatas pada Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Universitas Riau. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(4), 6242–6253. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.6486
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Veny Arsi Shintya, Gani Haryana , Mujiono
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).