Faktor Penentu Tingkat Pemahaman Belajar dalam Pembelajaran Tatap Muka Terbatas pada Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Universitas Riau

Authors

  • Veny Arsi Shintya Universitas Riau
  • Gani Haryana Universitas Riau
  • Mujiono Mujiono Universitas Riau

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.6486

Abstract

Penenelitian ini bertujuan untuk menguji faktor penentu tingkat pemahaman belajar yaitu minat membaca,waktu belajar,intesitas pemberian tugas, dan metode mengajar dosen berpengaruh terhadap tingkat pemahaman belajar dalam pembelajaran tatap muka terbatas pada mahasiswa Pendidikan Ekonomi Universitas Riau. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa aktif Pendidikan Ekonomi Universitas Riau angkatan 2019,2020, dan 2021. Sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik proportionate stratified random sampling dan diperoleh sebanyak 207 mahasiswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif dan untuk menganalisis data menggunakan regresi linier berganda. Adapun hasil penelitian menunjukan bahwa minat membaca, waktu belajar, intesitas pemberian tugas dan metode mengajar dosen memiliki pengaruh positif dan signifikan secara silmutan terhadap tingkat pemahaman belajar. Besar pengaruh diketahui dari nilai Koefisien Determinasi (R2) sebesar 0,492 atau 49,2%, sedangkan sisanya sebesar 50,8% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Secara parsial, minat membaca, waktu belajar, intesitas pemberian tugas,dan metode mengajar dosen berpengaruh signifikan terhadap tingkat pemahaman belajar dalam pembelajaran tatap muka terbatas.

Downloads

Published

2022-08-31

How to Cite

Shintya, V. A. ., Haryana, G. ., & Mujiono, M. (2022). Faktor Penentu Tingkat Pemahaman Belajar dalam Pembelajaran Tatap Muka Terbatas pada Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Universitas Riau. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(4), 6242–6253. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.6486