Penguatan Nilai-nilai kearifan lokal Bali dalam membentuk Profil Pelajar Pancasila
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.6472Abstract
Pendidikan adalah usaha sadar yang terencana dalam mewujudkan peserta didik yang mampu menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi serta memiliki ahlak yang mulia dalam hal ini adalah karakter kebangsaan yang menjadi ciri dan kepribadian bangsa. Hal tersebut sesuai dengan amanat Undang-Undang sistem Pendidikan nasional No. 20 tahun 2003. Penguatan karakter menjadi domain yang sangat penting di tengah pengaruh globalisasi saat ini. Oleh karena itu senada dengan kebijakan meteri Pendidikan, Kebudayaan riset dan teknologi tentang implementasi kurikulum merdeka yang dimana Pembelajaran dapat dilakukan dengan pengintegrasian nilai-nilai lokal sehingga siswa lebih aktif mengeksplorasi isu-isu aktual, seperti isu lingkungan, kesehatan, dan lainnya untuk mendukung pengembangan karakter dan Profil Pelajar Pancasila. Pengutan karater bangsa bisa dilakukan dengan menamkan dan menekankan Kembali bagaiman penguatan aktualisasi nilai-nilai kearifan local dalam dunia Pendidikan dan pembelajaran di persekolahan. Pemblajaran yang diintegrasikan dengan nilai-nilai kearifan local Bali memiliki tujuan materi pemblajaran bisa dengan mudah dipahami, sekaligus bisa menguatkan karkter bangsa pada peserta didik dan mewujudkan Profil pelajar Pancasila. Penelitian ini bersifat deskriptif kualitatif dengan studi literatur dalam usaha memberikan gagasan tentang pentingnya pengitegrasian nilai-nilai kearifan local Bali pada pemblajaran guna menguatkan karakter bangsa dan Profil Pelajar panacasila.Downloads
Published
2022-08-30
How to Cite
Santika, I. W. E. . (2022). Penguatan Nilai-nilai kearifan lokal Bali dalam membentuk Profil Pelajar Pancasila. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(4), 6182–6195. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.6472
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 I Wayan Eka Santika
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).