Penguatan Nilai-nilai kearifan lokal Bali dalam membentuk Profil Pelajar Pancasila

Authors

  • I Wayan Eka Santika Universitas Dwijendra, Denpasar

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.6472

Abstract

Pendidikan adalah usaha sadar yang terencana dalam mewujudkan peserta didik yang mampu menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi serta memiliki ahlak yang mulia dalam hal ini adalah karakter kebangsaan yang menjadi ciri dan kepribadian bangsa. Hal tersebut sesuai dengan amanat Undang-Undang sistem Pendidikan nasional No. 20 tahun 2003. Penguatan karakter menjadi domain yang sangat penting di tengah pengaruh globalisasi saat ini. Oleh karena itu senada dengan kebijakan meteri Pendidikan, Kebudayaan riset dan teknologi tentang implementasi kurikulum merdeka yang dimana Pembelajaran dapat dilakukan  dengan pengintegrasian nilai-nilai lokal sehingga siswa lebih aktif mengeksplorasi isu-isu aktual, seperti isu lingkungan, kesehatan, dan lainnya untuk mendukung pengembangan karakter dan Profil Pelajar Pancasila. Pengutan karater bangsa bisa dilakukan dengan menamkan dan menekankan Kembali bagaiman penguatan aktualisasi nilai-nilai kearifan local dalam dunia Pendidikan dan pembelajaran di persekolahan.  Pemblajaran yang diintegrasikan dengan nilai-nilai kearifan local Bali memiliki tujuan materi pemblajaran bisa dengan mudah dipahami,  sekaligus bisa menguatkan karkter bangsa pada peserta didik dan mewujudkan Profil pelajar Pancasila.  Penelitian ini bersifat deskriptif kualitatif dengan studi literatur  dalam usaha  memberikan gagasan tentang pentingnya pengitegrasian nilai-nilai kearifan local Bali pada pemblajaran guna menguatkan karakter bangsa dan Profil Pelajar panacasila.

Downloads

Published

2022-08-30

How to Cite

Santika, I. W. E. . (2022). Penguatan Nilai-nilai kearifan lokal Bali dalam membentuk Profil Pelajar Pancasila. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(4), 6182–6195. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.6472