Pengembangan Permainan Ular Tangga Berbasis Audio Untuk Meningkatkan Perkembangan Kognitif Pada Anak Kelompok B Di TKTunas Karya Kota Pagar Alam
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.6409Abstract
Penelitian ini berjudul “Pengembangan Permainan Ular Tangga Berbasis Audio Untuk Meningkatkan Perkembangan Kognitif Pada Anak Kelompok B di TK Tunas Karya Kota Pagar Alam”. Penelitian ini dilatar belakangi oleh kebutuhan permainan yang bervariasi yang diupayakan untuk meningkatkan perkembangan kognitif pada anak kelompok B di TK Tunas Karya kota Pagar Alam yang masih rendah terkait dengan berhitung permulaan. Adapun rumusan masalah pada penelitian ini yaitu bagaimana permainan ular tangga berbasis audio untuk meningkatkan perkembangan kognitif pada anak kelompok B di TK Tunas Karya kota Pagar Alam yang valid, praktis dan efektiv yang bertujuan untuk meningkatkan perkembangan kognitif dan menarik minat anak dalam belajar berhitung. Metodologi penelitian ini menggunakan pendekatan Research And Development (R&D) dengan menggunakan model ADDIE dan terdapat 5 langkah yaitu: 1). Analisis (Analysis), 2). Desain (Design), 3). Pengembangan (Development), 4). Implementasi (Implementation), 5). Evaluasi (Evaluation). Berdasarkan dari hasil penelitian penilaian produk ini mendapat kategori “sangat valid” dengan hasil validasi ahli media 96%, validasi materi 95% dan validasi bahasa 85%. Sedangkan untuk kategori “sangat praktis” dengan hasil uji coba kelompok kecil 85% dan uji coba kelompok besar 87% serta untuk hasil uji keefektifan dengan melakukan pretest sebelum penggunaan 42% dan hasil posttest 86% kategori efektif serta permainan ular tangga berbasis audio berpengaruh dalam meningkatan perkembangan kognitif pada anak.Downloads
Published
2022-08-28
How to Cite
Purwanti, A. ., Imron, K. ., & Dewi, . K. (2022). Pengembangan Permainan Ular Tangga Berbasis Audio Untuk Meningkatkan Perkembangan Kognitif Pada Anak Kelompok B Di TKTunas Karya Kota Pagar Alam. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(4), 5876–5888. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.6409
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Asri Purwanti, Kristina Imron, Kurni Dewi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).