Bagaimana Pelaksanaan Strategi Pembelajaran Penjas Adaptif selama Pandemi?

Authors

  • Erick Burhaein Universitas Ma’arif Nahdlatul Ulama Kebumen
  • Nanang Agustin Universitas Ma’arif Nahdlatul Ulama Kebumen
  • Frengki Santoso Universitas Ma’arif Nahdlatul Ulama Kebumen

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.6408

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pelaksanaan strategi pembelajaran pendidikan jasmani adaptif selama Pandemi. Penelitian   ini   menggunakan metode deksriptif kuantitatif. Partisipan penelitian ini adalah 10 orang guru pendidikan jasmani adaptif yang terdampak pandemi COVID-19. Instrumen penelitian menggunakan kuesioner terkait pelaksanaan strategi pembelajaran pendidikan jasmani adaptif yang dikembangkan oleh Burhaein et al. (2021). Instrumen tersebut memiliki validitas 0.9 dan reliabilitas 0.9 sehingga layak untuk digunakan sebagai alat pengumpulan data. Analisis data menggunakan statistik deskriptif kuantitatif yaitu menginterpretasikan data angka yang telah didapatkan. Hasil penelitian memberikan suatu kesimpulan bahwa guru pendidikan jasmani adaptif sebanyak 80% melaksanakan strategi pembelajaran yang didominasi 45% melalui tugas belajar di rumah selama pandemi. Penelitian ini memiliki limitasi dalam hal jumlah subyek dan cakupan wilayah penelitian yang sangat kecil. Oleh karena itu penting di masa mendatang ada penelitian lebih mendalam yang menggunakan jumlah partisipan yang besar serta wilayah yang lebih luas agar mendapatkan data yang lebih baik.

Downloads

Published

2022-08-28

How to Cite

Burhaein, E. ., Agustin, N. ., & Santoso, F. . (2022). Bagaimana Pelaksanaan Strategi Pembelajaran Penjas Adaptif selama Pandemi?. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(4), 5870–5875. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.6408