Benefits And Challenges Of Task-Based Language Teaching (Tblt) On Vocabulary Learning

Authors

  • Windi Melia Putri Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Sidik Indra Nugraha Universitas Singaperbangsa Karawang

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.6376

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi manfaat dan tantangan pengajaran bahasa berbasis tugas pada pembelajaran kosa kata siswa Bahasa Asing Inggris (EFL). Penelitian ini menggunakan desain metode deskriptif kualitatif dan peneliti menggunakan metode inkuiri naratif. Partisipan dalam penelitian ini adalah empat siswa kelas satu SMP. Cara pengumpulan data dilakukan oleh peneliti dengan mewawancarai partisipan. Untuk menganalisis data, peneliti menyusun dan menyiapkan data untuk dianalisis, mengkodekan data, menggunakan proses pengkodean untuk menghasilkan deskripsi kategori atau tema, dan menafsirkan makna tema/deskripsi perbandingan antara data hasil penelitian dari literatur dan teori. Data menunjukkan bahwa siswa dapat menguasai lebih banyak kosakata baru saat menggunakan metode TBLT. Namun, siswa menyatakan bahwa mereka kesulitan dalam mengucapkan kosakata dan mereka merasa takut jika guru meminta mereka untuk mempresentasikan hasilnya di depan kelas.

Downloads

Published

2022-08-26

How to Cite

Putri, W. M. ., & Nugraha, S. I. (2022). Benefits And Challenges Of Task-Based Language Teaching (Tblt) On Vocabulary Learning. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(4), 5662–5668. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.6376