Penerapan Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Melalui Mathematical Modelling Untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis dan Self Efficcay Siswa
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.6262Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan kemampuan komunikasi matematis dan self efficacy siswa. Metode penelitiannya berupa penelitian kuasi eksperimen menggunakan desain pretes-postes. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII MTsN 1 Kadugede, adapun samplenya adalah siswa kelas VIII A sebagai kelas kontrol, siswa kelas VIII B sebagai kelas eksperimen. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes dan non tes. Tes yang digunakan berupa tes tipe uraian sebanyak 6 soal. Non tes yang digunakan berupa angket skala Self Efficacy mengenai kegiatan pembelajaran matematika dengan menggunakan pembelajaran Problem Based Learning (PBL) melalui Mathematical Modelling. Berdasarkan hasil analisis data hasil penelitian diperoleh kesimpulan: (1). Kemampuan komunikasi matematis dan Self Efficacy antara siswa yang memperoleh model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) melalui Mathematical Modelling lebih baik daripada yang memperoleh model pembelajaran konvensional. (2). Terdapat korelasi antara kemampuan komunikasi matematis dengan Self Efficacy siswa.Downloads
Published
2022-08-23
How to Cite
Yusritawati, . I. . (2022). Penerapan Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Melalui Mathematical Modelling Untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis dan Self Efficcay Siswa . Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(4), 4954–4962. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.6262
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Ita Yusritawati

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).





.png)









