Strategi Penanganan Komplain Petugas Call Center untuk Mempertahankan Citra Transjakarta
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.6241Abstract
Jakarta merupakan salah satu kota yang memiliki tingkat kemacatan yang cukup tinggi, saat ini pemerintah daerah kota Jakarta berupaya berusaha meningkatkan transportasi publik, salah satunya adalah Transjakarta. Moda transportasi angkutan darat ini memiiki peningkatan jumlah penumpang pada setiap tahunnya. Namun sebagian penumpang masih belum merasa puas dengan pelayanan yang ada. Mereka menyampaikan komplain melalui media call center, yang disediakan oleh PT. Transportasi Jakarta. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis strategi menangani komplain penumpang Transjakarta oleh petugas call center, demi terciptanya citra baik perusahaan. Teori yang digunakan akomodasi komunikasi. Adapun metode kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data triangulasi wawancara, observasi dan dokumentasi peneliti gunakan dalam penelitian ini. Kesimpulan dalam penelitian ini adaalah akomodasi komunikasi yang dilakukan petugas call center berhasil dalam menangani komplain dari pengguna transjakarta dalam rangka mempertahankan citra Transjakarta dan tidak ada hambatan yang terlalu berpengaruh dalam proses akomodasi komunikasi yang dilakukan oleh petugas call center. Namun petugas call center beradaptasi dengan cara konvergensi yaitu menyesuaikan kecepatan bicara, jeda dan perilaku verbal lainnya saat menangani komplain.Downloads
Published
2022-08-22
How to Cite
Saputra, . A. S. ., & Wijoyo, F. N. . (2022). Strategi Penanganan Komplain Petugas Call Center untuk Mempertahankan Citra Transjakarta. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(4), 4857–4864. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.6241
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Alfian Setya Saputra, Fachrul Nurcahyanto Wijoyo, Rubiyanto

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).





.png)









