Strategi Kepala Prodi MPI Dalam Membangun Budaya Minat Baca Dikalangan Mahasiswa (Studi Kasus Budaya Minat Baca di Universitas Singaperbangsa Karawang)

Authors

  • Yusrina Saraya Universitas Singaperbangsa Karawang (Unsika)

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.6226

Abstract

Kepala Prodi berfungsi sebagai pemimpin pelaksanaan pendidikan, penelitian, kerjasama dan tenaga administrasi dilingkungan prodi yang memiliki tugas pokok salah satunya adalah mengkoordinir seluruh pelaksanaan kegiatan prodi Universitas Singaperbangsa Karawang (Unsika). Hal ini berkaitan dengan budaya minat baca yang ada dikalangan mahasiswa. Peran mahasiswa yang salah satu sebagai “Agent of Change” yang memiliki tugas untuk membawa perubahan juga terhadap masyarakat karena maahasiswa adalah langkah terakhir untuk para pelajar dalam menempuh jenjang pendidikan yang lebih tinggi. Peran mahasiswa ini sangat terkait dengan budaya minat baca yang harus ditanamkan dalam diri kita agar pengetahuan kita semakin luas. Untuk itu kepala program studi memiliki peran penting dalam mendorong mahasiswa untuk lebih maju dan menjalankan peran dan fungsinya sebagai agen perubahan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui upaya apa saja yang akan dilakukan oleh kepala program studi terhadap mahasiswa dalam budaya minat baca. Metode penelitian yang digunakan adalah wawancara dengan melibatkan 1 orang kaprodi di Fakultas Agama Islam Universitas Singaperbangsa Karawang. Dari hasil wawancara tersebut sebagian besar mahasiswa di Fakultas Agama Islam untuk lebih umumnya di Unsika minim dalam kegiatan membaca. Kebanyakan dari mereka lebih mendominasi melakukan kegiatan yang seharusnya tidak dijadikan sebagai prioritas. Kebiasaan bermain game online dan berlibur di sosmed itu merupakan hal yang mampu menyita waktu mahasiswa untuk membaca atau melakukan kegiatan yang berhubungan dengan kegiatan perkuliahan untuk itu diperlukannya motivasi agar mereka sadar akan pentingnya membaca.

Downloads

Published

2022-08-22

How to Cite

Saraya, Y. . (2022). Strategi Kepala Prodi MPI Dalam Membangun Budaya Minat Baca Dikalangan Mahasiswa (Studi Kasus Budaya Minat Baca di Universitas Singaperbangsa Karawang). Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(4), 4718–4727. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.6226