PERKEMBANGAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI (TIK) TERHADAP KUALITAS PEMBELAJARAN DI SEKOLAH DASAR

Authors

  • Irkham Abdaul Huda Universitas Kristen Satya Wacana

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v2i1.622

Keywords:

perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK), proses pembelajaran, siswa sekolah dasar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat seberapa jauh perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) dalam dunia pendidikan khususnya sekolah dasar. Pemanfaatan TIK dalam pendidikan pada penelitian ini lebih dikerucutkan lagi pada proses pembelajarannya. Guru dapat memanfaatkan TIK untuk memeprsiapkan proses pembelajaran dan atau ketika proses pembelajaran berlangsung. Dengan TIK guru dapat menambah bahan ajar dan mencari referensi tentang metode pembelajaran yang tepat untuk siswanya. Dalam pembelajaran guru dapat menyampaikan materi dengan lebih mudah diterima oleh siswa dengan bantuan pemanfaatan TIK. Penerapan TIK juga tidak hanya semata-mata langsung diterapkan, tetapi juga harus melihat karakteristik siswanya. Maka proses pembelajaran akan berkualitas dan bermakna dengan pemanfaatan TIK yang sesuai dengan karakteristik siswa.

References

Aka, Andri Kukuh. (2017). Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) Sebagai Wujud Inovasi Sumber Belajar di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar, Vol. 1 No. 2a. Diakses di http://journal.umsurabaya.ac.id/index.php/pgsd/article/view/1041/724.

Anshori, Sodiq. (2017). Pemanfaatan TIK Sebagai Sumber dan Media Pembelajaran di Sekolah. Jurnal Ilmu Pendidikan PKn dan Sosial Budaya. Diakses di http://www.jurnal.stkippgri-bkl.ac.id/index.php/CC/article/download/61/118.

Anshori, Sodiq. (2018). Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi Sebagai Media Pembelajaran. Jurnal Ilmu Pendidikan PKn dan Sosial Budaya. Diakses di http://www.jurnal.stkippgri-bkl.ac.id/index.php/CC/article/download/70/114.

Gunawan, Agus. (2016). Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi Melalui Penggunaan Media Pendidikan dalam Pembelajaran IPS SD. Jurnal Penelitian Pendidikan, Vol. 03 No. 02. Diakses di https://www.journal.uniku.ac.id/index.php/pedagogi/article/download/1162/864.

Istiyarti. (2014). Pemanfaatan TIK untuk Pembelajaran. Jurnal Kwangsan, Vol. 2 No 1. Diakses di https://jurnalkwangsan.kemdikbud.go.id/index.php/jurnalkwangsan/article/view/15/14.

Jamun, Yohannes Marryono. (2018). Dampak Teknologi Terhadap Pendidikan. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan Missio, Vol, 10 No 1. Diakses di http://jurnal.unikastpaulus.ac.id/index.php/jpkm/article/view/54/40.

Marnia, Wira dan Subandi, Ahmad. Peran Teknologi dan Informasi dalam Manajemen Pendidikan. Osf.io. Diakses di https://osf.io/preprints/inarxiv/uaj97/download.

Suryadi, Sudi, (2015). Peranan Perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi dlam Kegiatan Pembelajaran dan Perkembangan Dunia Pendidikan. Jurnal Ilmiah AMIK Labuhan Batu, Vol. 3 No. 3. Diakses di http://jurnal.ulb.ac.id/index.php/informatika/article/view/219/204.

Zakiah, Suci dan Hilman, Irfan. (2018). Penggunaan TIK sebagai Sumber dan Media Pembelajaran Inovatif di Sekolah Dasar. Indonesian Journal of Primary Education, Vol. 2 No. 2. Diakses di https://ejournal.upi.edu/index.php/IJPE/article/view/15100/8561.https://id.wikipedia.org/wiki/Generasi_Zhttps://id.wikipedia.org/wiki/Teknologi_informasi_komunikasi

Downloads

Published

2020-04-18

How to Cite

Huda, I. A. (2020). PERKEMBANGAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI (TIK) TERHADAP KUALITAS PEMBELAJARAN DI SEKOLAH DASAR. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 2(1), 121–125. https://doi.org/10.31004/jpdk.v2i1.622

Issue

Section

Articles