Analysis of Mathematical Communication Ability Participants of the National Science Olympiad (OSN) for City/Regency Junior High Schools in Kupang Seen from a Gender Perspective

Authors

  • Sahat Pandapotan Nainggolan Del Institute of Technology

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.6205

Abstract

Kemampuan komunikasi matematis siswa sangat penting dimiliki siswa dalam meningkatkan pemahaman terhadap pelajaran matematika. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan komunikasi matematis peserta Olimpiade Sains Nasional (OSN) SMP Tingkat Kota/Kabupaten se-Kupang yang telah mengalami proses seleksi terlebih dahulu. Subjek penelitian ini adalah 18 siswa dengan 9 siswa laki-laki dan 9 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data yaitu menggunakan tes, observasi, dan wawancara terkait kemampuan komunikasi matematis. Prosedur penelitiannya melalui beberapa tahapan yaitu: 1) penyusunan soal tes kemampuan komunikasi matematika, 2) memvalidasi soal tes dan analisis hasil, 3) memberikan tes dan mengumpulkan hasil tes, 4) menganalisis hasil tes, 5) menarik kesimpulan. Berdasarkan hasil analisis data didapatkan kemampuan komunikasi matematika siswa perempuan pada semua indikator memiliki nilai lebih tinggi dari siswa laki-laki. Siswa perempuan lebih teliti, cermat dan sabar dalam menyelesaikan masalah matematika sehingga mampu mengkomunikasikan ide-ide matematika baik dengan gambar, diagram atau simbol dan memiliki representasi matematika yang lebih baik dari siswa laki-laki. Kemampuan komunikasi matematika siswa perempuan lebih tinggi dari kemampuan komunikasi matematika siswa laki-laki yaitu sebesar 59,11 % atau selisih 16,62%.

Downloads

Published

2022-08-21

How to Cite

Nainggolan, S. P. . (2022). Analysis of Mathematical Communication Ability Participants of the National Science Olympiad (OSN) for City/Regency Junior High Schools in Kupang Seen from a Gender Perspective. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(4), 4667–4673. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.6205