Analysis of Mathematical Communication Ability Participants of the National Science Olympiad (OSN) for City/Regency Junior High Schools in Kupang Seen from a Gender Perspective
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.6205Abstract
Kemampuan komunikasi matematis siswa sangat penting dimiliki siswa dalam meningkatkan pemahaman terhadap pelajaran matematika. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan komunikasi matematis peserta Olimpiade Sains Nasional (OSN) SMP Tingkat Kota/Kabupaten se-Kupang yang telah mengalami proses seleksi terlebih dahulu. Subjek penelitian ini adalah 18 siswa dengan 9 siswa laki-laki dan 9 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data yaitu menggunakan tes, observasi, dan wawancara terkait kemampuan komunikasi matematis. Prosedur penelitiannya melalui beberapa tahapan yaitu: 1) penyusunan soal tes kemampuan komunikasi matematika, 2) memvalidasi soal tes dan analisis hasil, 3) memberikan tes dan mengumpulkan hasil tes, 4) menganalisis hasil tes, 5) menarik kesimpulan. Berdasarkan hasil analisis data didapatkan kemampuan komunikasi matematika siswa perempuan pada semua indikator memiliki nilai lebih tinggi dari siswa laki-laki. Siswa perempuan lebih teliti, cermat dan sabar dalam menyelesaikan masalah matematika sehingga mampu mengkomunikasikan ide-ide matematika baik dengan gambar, diagram atau simbol dan memiliki representasi matematika yang lebih baik dari siswa laki-laki. Kemampuan komunikasi matematika siswa perempuan lebih tinggi dari kemampuan komunikasi matematika siswa laki-laki yaitu sebesar 59,11 % atau selisih 16,62%.Downloads
Published
2022-08-21
How to Cite
Nainggolan, S. P. . (2022). Analysis of Mathematical Communication Ability Participants of the National Science Olympiad (OSN) for City/Regency Junior High Schools in Kupang Seen from a Gender Perspective. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(4), 4667–4673. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.6205
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Sahat Pandapotan Nainggolan

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).





.png)









