Penerapan Metode Korelasi Gambar-Kata untuk Peningkatan Penguasaan Konsep Prinsip Alfabetik, Kesadaran Fonologis dan Motivasi Siswa
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.6155Abstract
Keterampilan pra membaca pada siswa tingkat TK perlu dibangun dan dikembangkan untuk mendukung kesiapan membaca di Sekolah Dasar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengimplementasikan metode korelasi kartu bergambar dan kata dalam kegiatan kelompok kecil untuk peningkatan penguasaan konsep prinsip alfabetik, konsep kesadaran fonologis dan motivasi siswa TK A sekolah XYZ di Bogor sebagai langkah dini dalam pengembangan kemampuan membaca siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi partisipatif peneliti dan pengamat terdiri dari rubrik penilaian siswa, lembar observasi pengamat, lembar ceklis persiapan dan perlakuan guru, catatan lapangan dan dokumentasi. Pendekatan penelitian menggunakan Penelitian Tindakan Kelas terdiri dari pra siklus, siklus 1 ,2 dan 3, dengan masing-masing empat tahap yaitu perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan pembelajaran yang dinamis dan tidak konsisten terhadap sejumlah delapan siswa kelas TK A pada penguasaan konsep prinsip alfabetik, kesadaran fonologis dan motivasi yang dipengaruhi oleh faktor kendala siswa, kendala guru dan kendala lingkungan.Downloads
Published
2022-08-19
How to Cite
Prinardini, . M. B. ., & Citraningtyas, C. E. C. . (2022). Penerapan Metode Korelasi Gambar-Kata untuk Peningkatan Penguasaan Konsep Prinsip Alfabetik, Kesadaran Fonologis dan Motivasi Siswa. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(4), 4320–4329. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.6155
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 M B. Prinardini, C E C. Citraningtyas

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).