Penerapan Metode Korelasi Gambar-Kata untuk Peningkatan Penguasaan Konsep Prinsip Alfabetik, Kesadaran Fonologis dan Motivasi Siswa

Authors

  • M B. Prinardini Universitas Pembangunan Jaya
  • C E C. Citraningtyas Universitas Pembangunan Jaya

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.6155

Abstract

Keterampilan pra membaca pada siswa tingkat TK perlu dibangun dan dikembangkan untuk mendukung kesiapan membaca di Sekolah Dasar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengimplementasikan metode korelasi kartu bergambar dan kata dalam kegiatan kelompok kecil untuk peningkatan penguasaan konsep prinsip alfabetik, konsep kesadaran fonologis dan motivasi siswa TK A sekolah XYZ di Bogor sebagai langkah dini dalam pengembangan kemampuan membaca siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi partisipatif peneliti dan pengamat terdiri dari rubrik penilaian siswa, lembar observasi pengamat, lembar ceklis persiapan dan perlakuan guru, catatan lapangan dan dokumentasi. Pendekatan penelitian menggunakan Penelitian Tindakan Kelas terdiri dari pra siklus, siklus 1 ,2 dan 3, dengan masing-masing empat tahap yaitu perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan pembelajaran yang dinamis dan tidak konsisten terhadap sejumlah delapan siswa kelas TK A pada penguasaan konsep prinsip alfabetik, kesadaran fonologis dan motivasi yang dipengaruhi oleh faktor kendala siswa, kendala guru dan kendala lingkungan.

Downloads

Published

2022-08-19

How to Cite

Prinardini, . M. B. ., & Citraningtyas, C. E. C. . (2022). Penerapan Metode Korelasi Gambar-Kata untuk Peningkatan Penguasaan Konsep Prinsip Alfabetik, Kesadaran Fonologis dan Motivasi Siswa. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(4), 4320–4329. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.6155