Mengukur Kesiapan Guru selama Pelaksanaan Hybrid Learning di SD Strada VAN LITH II
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.6153Abstract
Pendidikan online berkembang pesat akibat pandemi Covid 19. Selama hampir tiga tahun pandemi ini masih berlangsung, sehingga dunia pendidikan juga mulai bertransformasi dan berinovasi untuk dapat memberikan pelayanan terbaik bagi siswa dan guru. Saat ini sudah banyak sekolah yang mulai menggunakan teknologi dalam pembelajaran, salah satunya dengan menggunakan hybrid learning. Tujuan penelitian ini untuk mengukur kesiapan guru yang merupakan aspek penting dalam menghadapi setiap perubahan atau situasi baru. Skala untuk mengukur kesiapan guru adalah Teacher Readiness for Online Learning Measure (TROLM) Communication self-efficacy (CSE), Institutional support (IS), skala Self-directed learning (SDL), Learning transfer self-efficacy (LTSE). Peneliti menggunakan sampel sebanyak 19 orang guru SD Strada Van Lith II dengan teknik Non-Probability Sampling. Kuesioner dibagikan kepada seluruh responden melalui google form dengan harapan mendapatkan hasil yang menjawab tujuan penelitian dengan menggunakan skala likert untuk meminimalisir kesalahan. Hasil penelitian ini menemukan bahwa kesiapan guru secara keseluruhan berpengaruh terhadap pelaksanaan pembelajaran hybrid dengan memanfaatkan teknologi.Downloads
Published
2022-08-19
How to Cite
Asdar, M. ., Barus, C. A. ., & Rini, V. A. N. . (2022). Mengukur Kesiapan Guru selama Pelaksanaan Hybrid Learning di SD Strada VAN LITH II. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(4), 4306–4319. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.6153
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Muh Asdar, Clara Anugrah Barus, Veronica Ari Nugroho Rini

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).





.png)









