Upaya Meningkatkan Kinerja Guru melalui Supervisi Individual Guru MAN 2 Kota Padang
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.6112Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah masih rendahnya kinerja guru, terlihat dari masih adanya guru di Man 2 Kota Padang yang kurang mampu melakukan pengelolaan kelas dan menarik minat dan antusias siswa dalam mengikuti kegiatan belajar serta masih ada guru yang kurang mampu memfasilitasi siswa untuk mengemukakan pengetahuan yang diperoleh. Salah satu upaya untuk meningkatkan kinerja guru adalah dengan melakukan supervisi individual dengan teknik kunjungan kelas. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk memperoleh data dan mengetahui tentang bagaimana peningkatan kinerja guru melalui supervisi individual yang dilakukan oleh kepala madrasah. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan sekolah. Hasil siklus I menunjukkan bahwa secara kelompok guru belum meningkat mutunya, karena guru yang memperoleh nilai ? 75 hanya sebesar 50, % artinya lebih kecil dari persentase ketuntasan yang dikehendaki yaitu sebesar ? 85 %. Selanjutnya pada siklus II diperoleh nilai rata-rata peningkatan kinerja/kemampuan guru adalah 83,33 dan ketuntasan pembinaan mencapai 100 % artinya semua guru yang dijadikan sasaran penelitian pada siklus II sudah meningkat mutunya dalam proses belajar mengajar. Dari hasil kegiatan supervisi yang telah dilakukan selama dua siklus, dan berdasarkan seluruh pembahasan serta analisis yang telah dilakukan dapat disimpulkan sebagai berikut : Penerapan Supervisi Individual dapat meningkatkan kinerja/kemampuan guru dalam melaksanakan tugas dan tanggung jawabnya sebagai pengajar di MAN 2 Kota padang tahun pelajaran 2019/2020.Downloads
Published
2022-08-16
How to Cite
Meinhardi, . A. . (2022). Upaya Meningkatkan Kinerja Guru melalui Supervisi Individual Guru MAN 2 Kota Padang . Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(4), 3984–3990. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.6112
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Akhri Meinhardi

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).