EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA POWER POINT TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI BANGUN DATAR DAN BANGUN RUANG SD

Authors

  • Lionida Adhi Pramestika Universitas Kristen Satya Wacana

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v2i1.610

Keywords:

Efektivitas, Power Point, Matematika, Bangun Datar, Bangun Ruang

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar Matematika siswa sekolah dasar yang dibelajarkan dengan media power point. Jenis penelitian yang digunakan adalah meta analisis dari penelitian yang telah dilakukan sebelumnya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan media power point terhadap hasil belajar matematika materi bangun datar dan bangun ruang SD. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan menelusuri jurnal melalui Google Cendekia. Kata kunci yang digunakan untuk penelusuran jurnal adalah efektivitas, pengaruh, media power point, hasil belajar matematika, materi bangun datar, bangun ruang, SD. Dari hasil pencarian tersebut dipilih 8 hasil penelitian untuk dianalisis lebih lanjut. Analisis menggunakan metode pembandingan untuk menentukan dampak penerapan media pembelajaran berbasis riset, selisih skor sebelum tindakan dengan sesudah tindakan sebagai besarnya peningkatan, kemudian dibagi dengan skor sebelum tindakan (dalam bentuk %) untuk menentukan besarnya pengaruh tindakan pembelajaran terhadap hasil belajar. Peningkatan hasil belajar dari yang terendah 15% sampai yang tertinggi 83%, dengan rata-rata 39%. Rata-rata hasil belajar peserta didik sebelum penelitian tindakan kelas adalah 51,15 dan setelah dilakukan penelitian tindakan kelas dengan penerapan media power point pada pelajaran matematika materi bangun datar dan bangun ruang di SD terjadi peningkatan menjadi 81,15%.

References

Ardianti, N. (2013). Pemanfaatan Microsoft Power Point pada Pembelajaran Luas Bangun Datar untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V. Retrieved Portal Jurnal Ilmiah Universitas Tanjungpura, 3-14. Diakses di http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/download/3587/pdf

Hikmah, N. (2017). Pengembangan Multimedia (Audiovisual) Pembelajaran Matematika pada Materi Bangun Ruang bagi Siswa Kelas IV SD. Jurnal Pendas Mahakam, Vol. 4, No 2. 83-89. Diakses di https://jurnal.fkip uwgm.ac.id/index.php/pendasmahakam/article/view/96/56

Iqbal, Mirza Muhammad. (2020). Efektivitas Strategi Active Knowledge Sharing dengan Media Video Power Point Berbantuan Screencast O Matic pada Pembelajaran Bangun Ruang Ditinjau dari Hasil dan Minat Belajar Kelas V SD Ngadirejo 1. Retrieved Electronic Theses and Dissertations Universitas Muhammadiyah Surakarta: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/81143

Irawan, Deny. (2013). Keefektifan Media Slide Presentasi Terhadap Minat dan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran Matematika Materi Bangun Datar di Kelas III Sekolah Dasar Negeri 06 Tegalsari Kabupaten Pemalang. Retrieved DIGILIB UNNES: https://lib.unnes.ac.id/17844/

Minfadhillah, Wahida. (2012). Studi Komparasi Pengaruh Multimedia Power Point dan Media Polyhedron terhadap Konsep Matematika Bangun Ruang pada Siswa Kelas IV Se-gugus Ki Hajar Dewantara Karangtengah Wonogiri Tahun Ajaran 2011//2012. Retrieved UPT Perpustakaan Universitas Sebelas Maret: https://digilib.uns.ac.id/dokumen/detail/27687/Studi-Komparasi-Pengaruh-Multimedia-Power-Point-dan-Media-Polyhedron-terhadap-Pemahaman-Konsep-Matematika-Materi-Bangun-Ruang-pada-Siswa-Kelas-IV-Se-Gugus-Ki-Hajar-Dewantara-Karangtengah-Wonogiri-Tahun-Ajaran-20112012

Muhtarom. (2017). Penerapan Media Audio Visual Macromedia Flash dan Power Point untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Sekolah Dasar. 145-154. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar. Vol. 4, No 2. Diakses di https://journal.trunojoyo.ac.id/widyagogik/article/view/2888

Rahayu, Dewi Puji., Suryandari, Kartika Chrysti., & Joharman. (2013). Penggunaan Model Pembelajaran Kontekstual dengan Media Power Point dalam Peningkatan Pembelajaran Bangun Datar Matematika Di Kelas III Sekolah Dasar. Retrieved Kalam Cendekia PGSD Kebumen: https://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/pgsdkebumen/index

Yunianti, Evie. (2015). Peningkatan Prestasi Belajar Siswa Materi Keliling dan Luas Mata Pelajaran Matematika melalui Media Pembelajaran Powerpoint Interaktif pada Siswa Kelas IV MI Islamiyah Kauman Kidul Kota Salatiga Tahun 2015. Retrieved IAIN SALATIGA: http://erepository.perpus.iainsalatiga.ac.id/241/

Downloads

Published

2021-04-14

How to Cite

Pramestika, L. A. (2021). EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA POWER POINT TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI BANGUN DATAR DAN BANGUN RUANG SD. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 2(1), 110–114. https://doi.org/10.31004/jpdk.v2i1.610

Issue

Section

Articles