Pengaruh Ewom dan Brand Image terhadap Purchase Intention Melalui Brand Trust pada Pengguna Jasa Pengiriman Barang di Kota Bekasi

Authors

  • Harfiana Dewi Universitas Negeri Jakarta
  • Agung Kresnamurti Rivai P Universitas Negeri Jakarta
  • Shandy Aditya Universitas Negeri Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.6079

Abstract

Tujuan dasar dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh electronic word of mouth (eWOM) dan brand image terhadap purchase Intention sebagai mediator brand trust. Penelitian ini dilakukan pada kalangan pengguna jasa transportasi di kota Bekasi. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan total 195 sampel dan kuesioner yang disebarkan melalui jejaring sosial  dan dianalisis dengan SEM Lisrel 8.8. Hasil penelitian menunjukkan bahwa eWOM dan brand image terhadap purchase intention tidak berpengaruh, sedangkan brand trust terhadap niat beli berpengaruh. Untuk efek mediasi brand trust pada eWOM terhadap purchase intention tidak ada pengaruhnya, sedangkan untuk brand image ada pengaruhnya. Penelitian ini dilakukan agar perusahaan  lebih tertarik pada brand image dan brand trust  karena faktor-faktor tersebut melalui penelitian yang dilakukan secara langsung maupun tidak langsung mempengaruhi purchase intention.

Downloads

Published

2022-08-15

How to Cite

Dewi, H., P, . A. K. R. ., & Aditya, S. . (2022). Pengaruh Ewom dan Brand Image terhadap Purchase Intention Melalui Brand Trust pada Pengguna Jasa Pengiriman Barang di Kota Bekasi. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(4), 3837–3844. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.6079