PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN IPA
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v2i1.607Keywords:
Media gambar, Hasil belajarAbstract
Tujuan pembuatan jurnal ini untuk menganalisis kembali bahwa dengan menggunakan media gambar dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Penelitian jurnal ini menggunakan meta analisis, yang merupakan seri informasi yang berasal dari sejumlah data di penelitian-penelitian sebelumnya. Penelitian dilakukan dengan merumuskan masalah penelitian, menelusuri hasil penelitian dari jurnal-jurnal yang relevan dan sejenis untuk dianalisis datanya. Jurnal dikumpulkan dengan menelusuri internet melalui Google Scholar dan Google Cendekia, dengan menggunakan kata kunci “media gambar, dan hasil belajarâ€. Dari penelusuran tersebut, memperoleh 12 jurnal, tetapi mencari yang lebih relevan dan sesuai dengan kriteria. Dan mendapatkan 6 jurnal yang relevan dan sesuai kriteria dengan judul jurnal yang diambil. Dari ke enam hasil penelusuran, terdiri dari 5 jurnal dan 1 hasil skripsi. Data yang didapat dianalisis dibandingkan dengan menggunakan metode kuantitatif. Dari hasil analisis, dengan menggunakan media gambar dapat meningkatkan hasil belajar siswa SD dalam pembelajaran IPA, yang awalnya 36% menjadi 92% dengan rerata peningkatan sebesar 58%.References
Ambarwati,Retno. (2017). Penggunaan Media Gambar untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ipa Siswa Kelas VI C SDN 004 Tembilahan Kota. Jurnal Primary Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Riau, Vol. 6, No. 1. Diakses di
https://scholar.google.co.id/scholar?hl=id&as_sdt=0%2C5&q=media+gambar+untuk+meningkatkan+hasil+belajar+ipa&btnG=#d=gs_qabs&u=%23p%3DvKIWhoDADpgJ
Aminah, Heni Siti. (2017). Meningkatkan Hasil Belajar IPA melalui Model Kooperatif Tipe Jigsaw Berbantu Media Gambar Kelas IV SD. Jurnal Pendidikan Progresif, Vol. VII, No. 2. Diakses di
https://scholar.google.co.id/scholar?hl=id&as_sdt=0%2C5&q=jurnal+media+gambar+ipa+&btnG=#d=gs_qabs&u=%23p%3DVjEcs9Ants4J
Bunyamin, H., Amanah. (2015). Penggunaan Media Gambar Sebagai Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) di Kelas I Madrasah Ibtidaiyah An-Nur Kota Cirebon. Jurnal Pendidikan Guru MI,Vol. 2, No. 2. Diakses di http://www.syekhnurjati.ac.id/jurnal/index.php/ibtida/article/view/128
Kasmawati. dkk. (2013). Upaya Peningkatan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPA Melalui Penggunaan Media Gambar di Kelas IV SD Inpres Banpres Posona. Jurnal Kreatif Tadulako Online, Vol. 1, No. 2. Diakses di https://scholar.google.co.id/scholar?hl=id&as_sdt=0%2C5&q=media+gambar+untuk+meningkatkan+hasil+belajar+ipa&btnG=#d=gs_qabs&u=%23p%3D1cJTH7avwVwJ
Maidar,Erzos. (2018). Penggunaan Media Gambar pada Mata Pelajaran IPA Materi Ciri-Ciri dan Kebutuhan Makhluk Hidup Dapat Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas III SDN. No. 031/ XI Kampung Dalam Tahun 2016/2017. Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi, Vol.18, No.2. Diakses di
https://www.researchgate.net/publication/329216290_Penggunaan_Media_Gambar_pada_Mata_Pelajaran_IPA_Materi_CiriCiri_dan_Kebutuhan_Makhluk_Hidup_Dapat_Meningkatkan_Hasil_Belajar_Siswa_Kelas_III_SDN_No_031_XI_Kampung_Dalam_Tahun_20162017
Normalasari, Haidawati P. (2016). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Ipa dengan Menggunakan Kombinasi Media Diorama dan Media Gambapada SDN 5 Langkai Palangkaraya Tahun Pelajaran 2015/2016. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Vol. 2 ,No. 1. Diakses di https://scholar.google.co.id/scholar?hl=id&as_sdt=0%2C5&q=jurnal+media+gambar+ipa+&btnG=#d=gs_qabs&u=%23p%3DpYhHMXFNNzsJ
Oviani,Tara. (2019). Penggunaan Media Gambar dalam Meningkatkan Hasil Belajar Ipa Siswa Sekolah Dasar Negeri 56 Kota Bengkulu. Skripsi. Diakses di http://repository.iainbengkulu.ac.id/2835/1/SKRIPSI%20TARA%20OVIANI.pdf
Panjaitan, Seriani. (2017). Meningkatkan Hasil Belajar Ipa Melalui Media Gambar pada Siswa Kelas IIA SDN 78 Pekanbaru. Jurnal Primary Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Riau, Vol.18, No. 1. Diakses di https://primary.ejournal.unri.ac.id/index.php/JPFIK/article/view/4105
Siregar, Ruslan. (2017). Penggunaan Media Gambar Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ipa Pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Ilmu Pendidikan Sosial, sains, dan Humaniora , Vol. 3, No. 4. Diakses dihttps://scholar.google.co.id/scholar?hl=id&as_sdt=0%2C5&q=jurnal+penggunaan+media+gambar+untuk+meningkatkan+hasil+belajar&oq=jurnal+penggunaan+media+gambar+untuk+meningkatkan+hasil+b#d=gs_qabs&u=%23p%3Dm5RTneIFLmMJ
Sulfemi, Wahyu Bagja dan Hilga Minati. (2018). Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas 3 Sd Menggunakan Model Picture And Picture Dan Media Gambar Seri. JPSD, Vol. 4, No. 2. Diakses di http://150.107.142.250/index.php/jpsd/article/view/3857
Susiana,Sintha. (2013). Penggunaan Media Gambar Dalam Pembelajaran Ipa Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kelas IV Sekolah Dasar. Diakses di http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/5383
Utami, Sarwik. (2018). Penggunaan Media Gambar Untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Ipa Siswa Kelas III Sekolah Dasar. Jurnal Primary Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Riau, Vol 7, No 1. Diakses di
https://scholar.google.co.id/scholar?hl=id&as_sdt=0%2C5&q=media+gambar+untuk+meningkatkan+hasil+belajar+ipa&btnG=#d=gs_qabs&u=%23p%3D5X4cbJO3DrQJ