Pengaruh “Diskusi Whatsapp” sebagai Media Mahasiswa Membuat Kalimat Tanya dalam Bahasa Indonesia
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.6040Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah Melihat sejauh mana pemanfaatan whatsapp sebagai tempat untuk mengekspresikan kemampuan mahasiswa dalam diskusi, bertanya, menjawab, mengerjakan yang ditugaskan oleh dosen pengampu; Melihat apakah program yang dibuat oleh dosen berhasil atau tidak; Merancang program baru yang efektif untuk membuat kemampuan mahasiswa menjadi semakin meningkat. Dalam penelitian kualitatif ini, di mana peneliti sekaligus dosen pengampu mengumpulkan semua data dari hasil pekerjaan yang dibuat oleh para mahasiswa pada tahun akademik 2020/2021. Sekaligus, objek penelitian adalah para mahasiswa Bahasa Indonesia 1 kelas S3E Universitas Indraprasta PGRI Jakarta tahun akademik 2020/2021 semester genap. Hasil penelitian berupa Disimpulkan bahwa penelitian ini dapat menjawab pertanyaan penelitian sebagai berikut Manfaat dari penggunaan forum diskusi perkuliahan menggunakan group whatsapp sebagai tempat untuk mengekspresikan kemampuan mahasiswa dalam membuat kalimat tanya yang ditugaskan oleh dosen pengampu, manfaat program yang dibuat oleh dosen dalam membuat kalimat tanya, merancang program baru yang efektif untuk membuat kemampuan mahasiswa membuat kalimat tanya menjadi semakin meningkat.Downloads
Published
2022-08-14
How to Cite
Dwi Puspitasari, A. C. D. ., & Riwayatiningsih, R. . (2022). Pengaruh “Diskusi Whatsapp” sebagai Media Mahasiswa Membuat Kalimat Tanya dalam Bahasa Indonesia. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(4), 3615–3619. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.6040
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Anggun Citra Dini Dwi Puspitasari, Rika Riwayatiningsih
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).