Performance Supervisor Dalam Pengembangan Bahasa Asing Di Pondok Pesantren Zainul Hasanain Genggong Pajarakan Probolinggo

Authors

  • Rizkiatun Hasanah Universitas Islam Zainul Hasan Genggong
  • H.Imam Bukhori Universitas Islam Zainul Hasan Genggong
  • Ismatul Izzah Universitas Islam Zainul Hasan Genggong

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.6036

Abstract

Focus penelitian ini adalah bagaimana performance supervisor dalam pengembangan bahasa asing di pondok pesantren Zainul Hasanain Genggong Pajarakan Probolinggo, dan pelaksanaan dalam mewujudkan para santri mengembangkan bahasa asing. Sedangkan tujuannya untuk meneskripsikan proses perencanaan dan pelaksanaan supervisor dalam mewujudkan santri dalam mengembangkan bahasa asing di pondok pesantren Zainul Hasanain Genggong Pajarakan Probolinggo. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dengan metode deskriptif. Pengumpulan data di lakukan dengan menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknis analisis data yang digunakan yaitu mereduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan temuan di lakukan dengan cara diskusi teman sejawat dan teknik triangulasi yang menggunakan trianguasi sumber dan metode, hasil penelitian ini bahwa proses pervormance supervisor dalam pengembangan bahasa asing di pondok pesantren Zainul Hasanain, di laksanakan melalui fungsi manajemen, yaitu perencanaan supervisor dalam mengembangkan bahasa asing di pondok pesantren Zainul Hasanain Genggong Pajarakan Probolinggo.

Downloads

Published

2022-08-14

How to Cite

Hasanah, . R. ., Bukhori, H. ., & Izzah, I. . (2022). Performance Supervisor Dalam Pengembangan Bahasa Asing Di Pondok Pesantren Zainul Hasanain Genggong Pajarakan Probolinggo. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(4), 3586–3589. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.6036