Peran Supervisi Akademik Dan Motivasi Kerja Terhadap Peningkatan Kompetensi Guru di Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.6022Abstract
Masih banyak guru yang tidak memenuhi standar kualifikasi pendidikan, menunjukkan kompetensi profesional yang rendah mempengaruhi kinerja guru dalam kegiatan supervisi untuk mencapai tujuan pembelajaran. Kenyataan dilapangan telah menunjukkan kegiatan supervisi ini hanya sebatas menggugurkan kewajiban karena tuntutan harus melaporkan kepada pengawas dan hanya sekedar formalitas, padahal jika supervisi akademik ini dijalankan dengan sungguh-sungguh maka kegiatan supervisi ini bisa menjadi problem solver bagi guru yang bersangkutan ketika ada masalah dalam mengajar dan akan terpecahkan maka dengan kata lain kompetensi guru ini mengalami peningkatan satu level lebih tingi jika dibandingkan sebelumnya. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis pengaruh supervisi akademik dan motivasi kerja terhadap peningkatan kompetensi guru dengan menggunakan desain penelitian survei dalam penelitian ini. Populasi penelitian ini adalah seluruh guru di Sekolah Dasar. Penelitian ini menggunakan jenis kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, serta dokumentasi. Data yang didapatkan lalu dianalisis dengan mereduksi data, menyajikan data, dan yang terakhir menarik kesimpulan. Hasil pengujian SD Negeri 32 Pook dan SD Negeri 06 Pahauman menunjukkan bahwa nilai koefisien korelasi antara motivasi dengan kompetensi guru yaitu sebesar 0,941. Sehingga dapat dinyatakan bahwa hubungan antara motivasi dan supervisi akademik dengan kompetensi guru sangat kuat.Downloads
Published
2022-08-13
How to Cite
Magdalena, M. ., & Sanoto, . H. . (2022). Peran Supervisi Akademik Dan Motivasi Kerja Terhadap Peningkatan Kompetensi Guru di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(4), 3270–3278. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.6022
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Maria Magdalena, Herry Sanoto
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).