Peran Supervisi Akademik Dan Motivasi Kerja Terhadap Peningkatan Kompetensi Guru di Sekolah Dasar

Authors

  • Maria Magdalena Universitas Kristen Satya Wacana
  • Herry Sanoto Universitas Kristen Satya Wacana

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.6022

Abstract

Masih banyak guru yang tidak memenuhi standar kualifikasi pendidikan, menunjukkan kompetensi profesional yang rendah mempengaruhi kinerja guru dalam kegiatan supervisi untuk mencapai tujuan pembelajaran. Kenyataan dilapangan telah menunjukkan kegiatan supervisi ini hanya sebatas menggugurkan kewajiban karena tuntutan harus melaporkan kepada pengawas dan hanya sekedar formalitas, padahal jika supervisi akademik ini dijalankan dengan sungguh-sungguh maka kegiatan supervisi ini bisa menjadi problem solver bagi guru yang bersangkutan ketika ada masalah dalam mengajar dan akan terpecahkan maka dengan kata lain kompetensi guru ini mengalami peningkatan satu level lebih tingi jika dibandingkan sebelumnya. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis pengaruh supervisi akademik dan motivasi kerja terhadap peningkatan kompetensi guru dengan menggunakan desain penelitian survei dalam penelitian ini. Populasi penelitian ini adalah seluruh guru di Sekolah Dasar. Penelitian ini menggunakan jenis kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, serta dokumentasi. Data yang didapatkan lalu dianalisis dengan mereduksi data, menyajikan data, dan yang terakhir menarik kesimpulan. Hasil pengujian SD Negeri 32 Pook dan SD Negeri 06 Pahauman menunjukkan bahwa nilai koefisien korelasi antara motivasi dengan kompetensi guru yaitu sebesar 0,941. Sehingga dapat dinyatakan bahwa hubungan antara motivasi dan supervisi akademik dengan kompetensi guru sangat kuat.

Downloads

Published

2022-08-13

How to Cite

Magdalena, M. ., & Sanoto, . H. . (2022). Peran Supervisi Akademik Dan Motivasi Kerja Terhadap Peningkatan Kompetensi Guru di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(4), 3270–3278. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.6022