PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERFIKIR KRITIS SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR

Authors

  • Maulida Anggraina Saputri Universitas Kristen Satya Wacana

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v2i1.602

Keywords:

PBL, Berfikir Kritis, Sekolah Dasar

Abstract

Tujuan Penelitian ini untuk menganalisis penerapan model Problem Based Learning (PBL) dalam meningkatkan berfikir kritis siswa kelas V Sekolah Dasar, dimana model PBL ini adalah model yang berbasis dengan permasalahan yang mampu meningkatkan cara berfikir kritis siswa. Pada Penelitian ini menggunakan Meta Analisis dengan langkah pertama yang harus dilakukan adalah dengan cara merumuskan masalah terlebih dahulu, kemudian mengumpulkan data yang hendak dianalisis melalui penelusuran google cendikia. Disini peneliti menggunakan sampel sebanyak 5 artikel yang subjeknya siswa kelas 5 Sekolah Dasar di 5 Sekolah Dasar, yaitu SD Negeri Kecandaran 1, SD Muhammadiyah, SD Negeri Mangunsari 2 Salatiga, SD Negeri Ledok 5 Salatiga, dan salah satu SDN di Kecamatan Cikampek, Kabupaten Karawang yang tidak disebutkan namanya. Peneliti menganalisis hasil penelitian menggunakan metode pembanding kuantitatif. Berdasarkan hasil analisis mengenai penggunaan model Problem Based Learning (PBL) dapat diperoleh hasil bahwa model ini dapat meningkatkan berfikir kritis siswa kelas V Sekolah Dasar mulai dari peningkatan terendah 0,61% sampai yang tertinggi sebesar 18,15%

References

Alita, Khintan Ustino,dkk. 2019. penerapan model problem based learning untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa kelas v sdn ledok 5 tahun pelajaran 2018/2019. Jurnal Basicedu Volume 3 Nomor 1 Tahun 2019 Halaman 169- 173 e-ISSN 2580-1147.https://www.neliti.com/id/publications/278101/penerapan-model-problem-based-learning-untuk-meningkatkan-kemampuan-berpikir-kri. Diakses pada hari Senin tanggal 30 Maret 2020 pukul 15:13 WIB.

Christina, L. V., & Kristin, F. (2017). Efektivitas Model Pembelajaran Tipe Group Investigation (Gi) Dan Cooperative Integrated Reading and Composition (Circ) Dalam Meningkatkan Kreativitas Berpikir Kritis Dan Hasil Belajar Ips Siswa Kelas 4. Scholaria : Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 6(3), 217. https://doi.org/10.24246/j.scholaria.2016.v6.i 3.p217-230 . Use the "Insert Citation" button to add citations to this document.

Johnson, E.B. (2007). Contextual Teaching and Learning ( Menjadikan Kegiatan Belajar Mengajar Mengasyikan dan Bermakna). Mizan Learning Center (MLC). Bandung.

Maqbullah , Shofiyah, dkk. 2018. penerapan model problem based learning untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis pada pembelajaran ipa di sekolah dasar. Metodik Didaktik Vol. 13 No. 2 Hal 106-112 e-ISSN 2528-5653. https://ejournal.upi.edu/index.php/MetodikDidaktik/article/view/9500. Diakses pada hari Senin tanggal 30 Maret 2020 Pukul 14:00 WIB.

Nigrum, Elwin Sulitya, Ahmad Yusuf Sobri. 2015. implementasi kurikulum 2013 di sekolah dasar. http://ap.fip.um.ac.id/wp-content/uploads/2015/05/volume-24-no.-564-71.pdf. Dikases hari rabu, 01 April 2020 pukul 15:19.

Saputro, Bayu, dkk. 2019. peningkatan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar matematika menggunakan model pbl pada siswa kelas v. Jurnal Pendidikan Tambusai Volume 3 Nomor 2 e-ISSN: 2614-3097. https://journal.umtas.ac.id/index.php/naturalistic/article/view/405.

Septiana, Tri Siwi, M Ragil Kurniawan. 2018. Penerapan model problem based learning untuk meningkatkan berpikir kritis siswa kelas 5 pada mata pelajaran pkn di sd muhammadiyah kauman tahun 2016/2017. Fundamental Pendidikan Dasar Vol. 1 No. 1 p.9 4 – 105 e- ISSN : 2614-1620 . https://www.researchgate.net/publication/339203230_penerapan_model_problem_based_learning_untuk_meningkatkan_berpikir_kritis_siswa_kelas_5_pada_mata_pelajaran_pkn_di_sd_muhammadiyah_kauman_tahun_2016_2017.

Upayanto, Imam Dwi. 2017. Pelaksanaan proses pembelajaran kurikulum 2013 sd negeri 4 krandegan. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar Edisi 1. http://journal.student.uny.ac.id/ojs/ojs/index.php/pgsd/article/download/6605/6371.

Walfajri, Ridha Unnafi, Nyoto Harjono. 2019. Peningkatan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar tematik muatan ipa melalui model problem based learning kelas 5 sd. Jurnal Basicedu Volume 3 Nomor 1 Tahun 2019 Halaman 16- 20. e-ISSN 2580-1147. https://www.researchgate.net/publication/334743328_peningkatan_kemampuan_berpikir_kritis_dan_hasil_belajar_tematik_muatan_ipa_melalui_model_problem_based_learning_kelas_5_sd

Downloads

Published

2020-04-11

How to Cite

Saputri, M. A. (2020). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERFIKIR KRITIS SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 2(1), 92–98. https://doi.org/10.31004/jpdk.v2i1.602

Issue

Section

Articles