IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER DI SEKOLAH DASAR
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v2i1.586Keywords:
Implementasi, Pendidikan KarakterAbstract
Tantangan pembentukan karakter yakni berkembangnya teknologi dan informasi. Berkembangnya teknologi dan informasi dengan mudah budaya luar yang negatif terserap tanpa ada filter yang kuat. Budaya luar yakni gaya hidup modern yang mempengaruhi sikap dan perilaku yang tidak disadari menyimpang dari nilai dan luhur Bangsa Indonesia. Berkembangnya fenomena siswa yang tidak mengindahkan nilai-nilai etika. Kegagalan sekolah dalam menumbuhkan manusia yang berkarakter karena hanya mementingkan kognitif atau akademik peserta didik. Implementasi pendidikan karakter di sekolah dasar belum terlaksana dengan konsisten. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji implementasi pendidikan karakter di Sekolah Dasar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode kepustakaan. Teknik analisis data dilakukan secara interaktif. Teknik pengumpulan data menyimak dan mencatat. Validitas data menggunakan triangulasi sumber data.References
Agustina, E., & Tobari, T. (2017). Implementasi Pendidikan Karakter Di Smp Negeri 1 Teluk Gelam Dalam Mengatasi Sikap Primodialisme. Jurnal Manajemen, Kepemimpinan, Dan Supervisi Pendidikan, 2(2), 230885. https://doi.org/10.31851/jmksp.v2i2.1469
Agustini, S. (2015). Building students character through culture school in. Jurnal Pendidikan Karakter, 5(2), 219–228.
Arifin, S., et al. (2010). Model Pendidikan Karakter CAK di ITS Menuju Kemuliaan Hidup Bermartabat: StrategiImplementasi. Surabaya: Arek ITS CAK
Bohlin, E. Karen., Deborah Farmer, & Kevin Ryan, 2001. Building Character inSchool Resource Guide, San Fransisco, Jossey Bass.
Darmayanti, S. E., & Wibowo, U. B. (2014). Evaluasi Program Pendidikan Karakter Di Sekolah Dasar Kabupaten Kulon Progo. Jurnal Prima Edukasia, 2(2), 223. https://doi.org/10.21831/jpe.v2i2.2721
Hidayatullah, Furqon. (2010). Pendidikan Karakter: Membangun Peradaban Bangsa. Surakarta: Yuma Pustaka.
Judiani, S. (2010). Implementasi Pendidikan Karakter di Sekolah Dasar Melalui Penguatan Pelaksanaan Kurikulum. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 16(9), 280. https://doi.org/10.24832/jpnk.v16i9.519
Khamalah, N., Agama, K., & Brebes, K. (2017). Jurnal kependidikan. 5(2), 200–215.
Latifah, Fauzi. (2019). Implementasi Pendidikan Karakter Di Sekolah Dasar Nahdlatul Ulama Sleman. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004
Lubis, R. R., & Nasution, M. H. (2017). Implementasi Pendidikan Karakter di Madrasah Ibtidaiyah. JIP: Jurnal Ilmiah PGMI, 3(1), 15–32. https://doi.org/10.19109/jip.v3i1.1375
Omeri, N. (2015). Pentingnya Pendidikan Karakter Dalam Dunia Pendidikan. Manajer Pendidikan, 9(3), 464–468.
Pendidikan, J. (2020). Research & Learning in Faculty of Education KOORDINASI BIMBINGAN KONSELING DENGAN GURU BIDANG MATEMATIKA. 1.
Priambudi, Ardian. (2017). Implementasi Pendidikan Karakter Di Sekolah. Tadrib: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 1(1), 118–136. https://doi.org/10.21831/cp.v1i3.245
Pristine A., D., & Suryani, E. (2016). Implementasi Pembentukan Karakter Budi Pekerti Di Smp Negeri 1 Tanggul Jember. Jurnal Pendidikan Karakter, 1, 82–89. https://doi.org/10.21831/jpk.v0i1.8614
Putri, D. P. (2018). Pendidikan Karakter Pada Anak Sekolah Dasar Di Era Digital. AR-RIAYAH : Jurnal Pendidikan Dasar, 2(1), 37. https://doi.org/10.29240/jpd.v2i1.439
Ridwan, Muhamad. (2013). Implementasi Pendidikan Karakter Dalam Kultur Sekolah Di SD Negeri Lempuyangan 1 Kota Yogyakarta. Journal of Separation Science and Engineering, 5(1), 11–21. http://scholar.google.com/scholar?hl=en&btnG=Search&q=intitle:No+Title#0
Safitri, N. M. (2015). The implementation of character education through the school culture at smp n 14 yogyakarta. Jurnal Pendidikan Karakter, 5(2), 173–183.
Tiara, M., & Yarni, N. (2019). Pendidikan karakter berwawasan sosiokultural di sma kota padang. 2, 297–302.
Wiliandani, A. M., Wiyono, B. B., & Sobri, A. Y. (2016). Implementasi Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Humaniora (JPH), 4(3), 132–142