Upaya Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah IPA melalui Model Problem Based Learning untuk Siswa Kelas V SD Muhammadiyah Mulya Asri
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.5850Abstract
Rendahnya kemampuan pemecahan masalah siswa yang disebabkan oleh beberapa masalah yang sering muncul dari kegiatan pembelajaran di kelas. Rendahnya kemampuan pemecahan masalah di lihat dari hasil belajar pada pelajaran IPA Tema 6 Subtema 1 dengan tidak tuntasnya nilai ulangan harian di bawah KKM yaitu 25% dari 24 siswa. Metode pembelajaran yang digunakan oleh guru hanya sebatas konvensional saja, hal ini juga mengakibatkan kurangnya partisipasi siswa dalam kegiatan pembelajaran dan kebanyakan siswa cenderung pasif dan hanya sebagian kecil siswa yang aktif dalam kegiatan pembelajaran. Berdasarkan permasalahan diatas, peneliti bertujuan untuk memberikan arahan yang jelas berdasarkan rumusan masalah dengan tujuan untuk mengetahui dan memuktikan model Problem Based Learning dalam memperbaiki pembelajaran IPA kelas V di SD Muhammadiyah Mulya Asri.Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas bertujuan untuk mengetahui kemampuan pemecahan masalah dengan menggunakan model Problem Based Learning (PBL). Penelii bertindak sebagai guru dan mitra kolaborasi sebagai observer yaitu guru kelas. Pembelajaran dilakukan dengan 2 siklus selama 4 kali petemuan setiap siklus memiliki tahapan yaitu perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi (pengamatan) dan refleksi. Alat pengumpulan data pada penelitian ini adalah obsevasi untuk mengamati aktivitas belajar siswa, observasi aktivitas guru, wawancara dan tes untuk mengetahui kemampuan peecahan masalah. Hasil belajar siswa pada siklus I meningkat yaitu sebanyak 27,84% yang memenuhi KKM dengan nilai tertinggi 80, tes dilanjutkan kembali pada siklus II dengan sedikit perbaikan di dapat kembali hasil belajar pada siklus II sebanyak 95,83% yang memenuhi KKM dengan nilai tertinggi 100. Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas yang telah dipaparkan, maka dapat disimpulkan sebagai berikut Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) dapat emingkatkan kemampuan pemecahan masalah pada mata pelajaran IPA kelas V. Ketuntasan hasil belajar siswa pada siklus I diketahui pada pretest sebesar 4,16%, Pada Posttest sebesa 70,83% sedangkan pada Siklus II pretest sebesar 32% dan posttest sebesar 95,83% jadi tingkat ketuntasan hasil belajar siswa dari siklus I dan Siklus II terjadi peningkatan 25%, maka target yang dinginkan telah tercapai untuk ketuntasan kemampuan pemecahan masalah, karena pada akhir siklus telah mencapai sesuai target yang dtentukan yaitu 75%.Downloads
Published
2022-08-04
How to Cite
Pratiwi, . R. N. ., Handayani, T. ., & Partini, D. . (2022). Upaya Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah IPA melalui Model Problem Based Learning untuk Siswa Kelas V SD Muhammadiyah Mulya Asri. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(4), 2594–2599. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.5850
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Rosita Noer Pratiwi, Trikinasih Handayani, Dewi Partini
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).