Persepsi Masyarakat Terhadap Lembaga Pendidikan Anak Usia Dini di Kecamatan Pendopo Barat Kabupaten Empat Lawang (Studi Kasus Paud Kasih Ananda Dan Tk Satu ATAP)

Authors

  • Annisa Safitri Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang
  • Leny Marlina Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang
  • Ali Murtopo Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.5833

Abstract

Persepsi masyarakat merupakan seluruh proses akal manusia mengenai suatu cara pandangan dan pemahaman ataupun pemberian makna seseorang mengenai suatu objek yang ada di sekitar lingkunganya melalui pengamatan, pengetahuan dan pengalamnya. Adapun permasalahan terhadap penelitian ini bagaimana persepsi masyarakat terhadap lembaga pendidikan anak usia dini dan faktor-faktor apa saja yang menjadi daya tarik terhadap lembaga pendidikan anak usia dini. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana persepsi masyarakat terhadap lembaga pendidikan anak usia dini dan untuk mengetahui faktor apa saja yang menjadi daya tarik masyarakat terhadap lembaga pendidikan anak usia dini. Metode atau pendekatan yang diterapkan pada penelitian ini yaitu metode deskriptif kualitatif. Penelitian ini berlokasikan di Desa Muara Lintang Lama Kecamatan Pendopo Barat Kabupaten Empat Lawang, dan pelaku yang dituju ialah yang berkaitan dengan orang tua murid TK Satu atap, Orang tua alumni PAUD Kasih Ananda, pendidik TK Satu Atap, Ketua Yayasan PAUD Kasih Ananda, kepala desa, pendamping desa dan masyarakat. Beberapa teknik pengumpulan data yang digunakan observasi (Pengamatan), wawancara, dan dokumentasi. Kemudian data akan di analisis menggunakan Model Miles Huberman yang terdiri dari pengumpulan data, reduksi data, display data, kesimpulan dan verifikasi. lalu uji pengecekan keabasaan data menggunakan Triangulasi. Hasil dari penelitian ini adalah menurut persepsi masyarat terhadap lembaga pendidikan anak usia dini adalah  pondasi awal dari pendidikan anak usia dini, selain untuk melatih keberanian, karekteristik, lembaga pendidikan anak usia dini pun sebagai tempat bermain sambil belajar. Ketertarikan masyarakat terhadap lembaga pendidikan anak usia dini kurang baik. Namun faktor yang menjadi daya tarik masyarakat terhadap lembaga adalah Standar pembiayaan, standar layanan yang di berikan untuk orang tua dan murid dan standar sarana prasarana yang lengkap.

Downloads

Published

2022-08-04

How to Cite

Safitri, A. ., Marlina, L. ., & Murtopo, A. . (2022). Persepsi Masyarakat Terhadap Lembaga Pendidikan Anak Usia Dini di Kecamatan Pendopo Barat Kabupaten Empat Lawang (Studi Kasus Paud Kasih Ananda Dan Tk Satu ATAP). Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(4), 2537–2544. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.5833