Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Materi Bangun Datar
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.5823Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh siswa yang mengalami kesalahan dalam proses penyelesaian soal matematika materi bangun datar tidak dilengkapi proses atau langkah-langkah yang belum sesuai. Penilitian ini dilakukan di SD Al-Islah Surabaya kelas 4d yang berjumlah 35 siswa, kemudian subjek yang dipilih dalam penelitian ini 3 adalah 3 siswa yang mengalami nilai paling rendah atau nilai yang dibawa KKM 75. Metode yang digunakan dalam penelitian yaitu metode kualitatif deskriptif yang bertujuan untuk mendeskripsikan kesalahan-kesalahan yang dilakukan oleh siswa dalam menyelesaikan soal cerita matematika bangun datar menggunakan prosedur Newman. Pengumpulan data yang dilakukan yakni berupa pemberian tes soal cerita uraian bangun datar dan wawancara. Tes soal cerita berbentuk uraian diberikan kepada siswa bertujuan untuk mengetahui jenis kesalahan-kesalahan yang dilakukan siswa dalam menyelesaikan soal cerita. Hasil pekerjaan dari subjek akan peneliti analisis bertujuan untuk mengetahui jenis kesalahan yang dilakukan. Setelah itu dilakukan wawancara kepada subjek penelitian yang bertujuan untuk mengetahui kesalahan yang dilakukan subjek. Adapun jenis-jenis kesalhan yang dilakukan oleh siswa meliputi kesalahan dalam membaca, kesalahan memahami masalah, kesalahan transformasi, kelasahan keterampilan proses dan kesalahan penulisan jawaban akhir.Downloads
Published
2022-08-03
How to Cite
Amalia, I. ., Hartatik, S., Ghufron, S. ., & Rulyansah, A. . (2022). Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Materi Bangun Datar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(4), 2493–2499. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.5823
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Indatul Amalia, Sri Hartatik, Syamsul Ghufron, Afib Rulyansah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).