Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Materi Bangun Datar

Authors

  • Indatul Amalia Universitas Nahdlatul Ulama
  • Sri Hartatik Universitas Nahdlatul Ulama
  • Syamsul Ghufron Universitas Nahdlatul Ulama
  • Afib Rulyansah Universitas Nahdlatul Ulama

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.5823

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh siswa yang mengalami kesalahan dalam proses penyelesaian soal matematika materi bangun datar tidak dilengkapi proses atau langkah-langkah yang belum sesuai. Penilitian ini dilakukan di SD Al-Islah Surabaya kelas 4d yang berjumlah 35 siswa, kemudian subjek yang dipilih dalam penelitian ini 3 adalah 3 siswa yang mengalami nilai paling rendah atau nilai yang dibawa KKM  75. Metode yang digunakan dalam penelitian yaitu metode kualitatif deskriptif yang bertujuan untuk mendeskripsikan kesalahan-kesalahan yang dilakukan oleh siswa dalam menyelesaikan soal cerita matematika bangun datar menggunakan prosedur Newman. Pengumpulan data yang dilakukan yakni berupa pemberian tes soal cerita uraian bangun datar dan wawancara. Tes soal cerita berbentuk uraian diberikan kepada siswa bertujuan untuk mengetahui jenis kesalahan-kesalahan yang dilakukan siswa dalam menyelesaikan soal cerita. Hasil pekerjaan dari subjek akan peneliti analisis bertujuan untuk mengetahui jenis kesalahan yang dilakukan. Setelah itu dilakukan wawancara kepada subjek penelitian yang bertujuan untuk mengetahui kesalahan yang dilakukan subjek. Adapun jenis-jenis kesalhan yang dilakukan oleh siswa meliputi kesalahan dalam membaca, kesalahan memahami masalah, kesalahan transformasi, kelasahan keterampilan proses dan kesalahan penulisan jawaban akhir.

Downloads

Published

2022-08-03

How to Cite

Amalia, I. ., Hartatik, S., Ghufron, S. ., & Rulyansah, A. . (2022). Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Materi Bangun Datar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(4), 2493–2499. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.5823