EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN ROLE PLAYING TERHADAP KETRAMPILAN BERBICARA PADA BAHASA INDONESIA TINGKAT SD
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v2i1.582Keywords:
Model role playing, Kemampuan berbicara, Pembelajan Bahasa Indonesia SDAbstract
Tujuan pembuatan jurnal ini untuk menganalisis kembali penggunaan model pembelajaran role playing dalam meningkatkan kemampuan berbicara pada Bahasa Indonesia di sd. Penelitian jurnal ini menggunakan meta analisis yang merupakan seri informasi yang berasal dari sejumlah data di penelitian-penilitan sebelumnya. Langkah penelitian yang dilakukan yaitu dengan merumuskan masalah penelitian , kemudian mencari hasil penelitian dari jurnal yang relavan dan sejenis untuk dianalisis datanya. Data dikumpulkan dengan menelusuri jurnal via online melalui Google Scholar, Freefullpdf.com dan Google Cendikia dengan kata kunci†model role playingâ€, kemampuan berbicaraâ€, “pembelajaran bahasa indonesia SDâ€. Dari pencarian data tersebut mendapatkan 10 artikel yang relavan dan sesuai dengan judul jurnal yang diambil. Data yang didapat dianalisis dengan menggunakn analisis deskriptif kualitatif. Berdasarkan hasil analisis model pembelajaran role playing mampu membantu mengkatkan kempuan siswa dalam berbicara mulai dari 15% sampai yang tertinggi 105%, dengan rata-rata 37%.References
Deliyana, Elisa & Fitriani, Hamdah Siti Hamsanah. Pengaruh Model Pembelajaran Role Playing Terhadap Keterampilan Berbicara Siswa Kelas V SD Negeri Sukasari II Kabupaten Tangerang. Jurnal Pendidikan Program Studi Bahasa Dan Sastra Indonesia, Vol. 8 No. 1. Diakses di http://jurnal.umt.ac.id/index.php/lgr m/article/view/1260
Khoirunnisa, Selvy wulan. 2016. Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Role Playing Terhadap Ketrampilan Berbicara Siswa Kelas V SD Negeri 1 Pardasuka Katibung Lampung Selatan Tahun Ajaran 2015/2016. Doctoral dissertation, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Lampung. Diakses di http://digilib.unila.ac.id/
Mabruri, Zunair Kamaluddin & Aristya, Ferry. 2017. Peningkatan Keterampilan Berbicara Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas IV Melalui Penerapan Strategi Role Playing SD Negeri Plosos 1 Pacitan. Jurnal Kajian Penelitan Pendidikan dan Pembelajaran 1, 2. Diakses di https://journal.umtas.ac.id/index.php /naturalistic/article/view/10
Muryati . 2012. Peningkatan Kemampuan Berbicara dengan Menggunakan Strategi Role Playing Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia siswa kelas V Madrasah Ibtidiyah Nurul Huda Kota Baru Kecamatan Keritang. Doctoral dissertation, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, UIN Suska Riau. Diakses di http://repository.uinsuska.ac.id/8417/
Priatna, Asep &Setriyani, Ghea. 2019. Pengaruh Model Pembelajaran Role Playing Terhadap Ketramoilan Berbicara Siswa Kelas IV SD Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, Vol. 9 No. 1. Diakses di https://journal.unpas.ac.id/index.php/ pendas/article/view/2139
Rahmawaty, Sry & Suwarjono. 2016.
Peningkatan Ketrampilan Berbocara Melalui Metode Bermain Peran Pada Siswa Sd Negeri 58 Kota Bima. Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan, Volume 9 Nomor 1. Diakses di https://journal.uny.ac.id/index.php/jp
Rosidah, Ani. 2019. Meningkatkan Kemampuan Berbicara melalui Model Role Playing dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia. Proceeding Of The ICECRS Vol. 2 No 1 Diakses di http://ojs.umsida.ac.id/index.php/ice crs
Said.2019. Penerapan Model Pembelajaran Role Playing Untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara Dan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Pada Siswa Kelas VI SD 2 Padurenan. Jurnal Ilmiah Kependidikan Vol. 2 No. 1. Diakses di https://jurnal.umk.ac.id/index.php/pe ndas/article/view/3437
Saputra, Fajar Dayu. 2012. Peningkatan Aktivitas dan Hasi Belajar Drama Melalui Metode Bermain Peran(Role Playing) Pada SiswaKelas V Madrasah Ibtidaiyah (MI) Gapura Watukumpul Kabupaten Pemalang Doctoral dissertation, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, UNNES. Diakses di https://lib.unnes.ac.id/18059//article/ view/10692