Adaptasi Pembelajaran Sastra di Sekolah pada Era New Normal

Authors

  • Arinah Fransori Universitas Indraprasta PGRI
  • Friza Youlinda Parwis Universitas Indraprasta PGRI

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.5796

Abstract

Pengajaran sastra pada dasarnya memiliki peranan dalam peningkatan pemahaman siswa. Pengajaran sastra memiliki relevansi dengan masalah-masalah di dunia nyata. Oleh karena itu pembelajaran sastra pada dasarnya memiliki fungsi dan peran yang penting pada dunia pendidikan. Apalagi saat ini, di era pembelajaran serba digital dan online. Pada pembelajaran sastra terdapat proses dan interaksi pada karya sastra tersebut. Pada penelitian ini metode yang digunakan adalah metode deskriptif-analitif dengan jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi kepustakaan (library  research). Metode penelitian ini adalah mencari dan menemukan informasi dan teori-teori yang relevan dengan masalah penelitian. Dalam hal ini masalah yang menjadi fokus penelitian adalah penerapan pembelajaran sastra di sekolah pada era New Normal. Metode pengumpulan data pada penelitian ini adalah dengan metode dokumentasi, selain itu, pada penelitian ini analisis data yang dilakukan adalah dengan teknik analisis isi (Content Analysis). Penelitian ini bersifat dengan membahas secara mendalam sumber data yang ditemukan untuk memilih rujukan yang tepat dan sesuai agar dapat dijadikan sumber yang relevan. Hasil kajian ini menunjukan bahwa berbagai aspek yang digunakan dalam pembelajaran sastra, baik pembelajaran sastra pada era new normal dan aspek-aspek pengajaran sastra. 

Downloads

Published

2022-08-01

How to Cite

Fransori, . A. ., & Parwis, F. Y. . (2022). Adaptasi Pembelajaran Sastra di Sekolah pada Era New Normal. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(4), 2377–2387. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.5796