Kajian Efikasi Diri Mahasiswa terhadap Mata Kuliah Metode Numerik
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.5726Abstract
Penelitian ini mengkaji bagaimana tingkat efikasi diri mahasiswa dalam mata kuliah Metode Numerik, dimana obyek penelitian ini diambil dari salah satu PTS yang ada di Jakarta Timur. Dalam penelitian ini kami menggunakan penelitian kualitatif yaitu melalui penyebaran angket efikasi diri kepada 53 mahasiswa yang sedang mengikuti perkuliahan Metode Numerik. Adapun dimensi dari efikasi diri yang dikaji dalam artikel ini adalah dimensi magnitude, strength, dan generality. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh dimensi magnitude diperoleh skor reratanya yaitu 3,96 yang artinya mahasiswa mempunyai dimensi magnitude yang positif, dimensi strength rerata skornya diperoleh sebesar 3,69 yang artinya mahasiswa mempunyai dimensi strength yang positif, dan dimensi generality rerata skor diperoleh sebesar 3,18 yang artinya mahasiswa mempunya dimensi generality yang positif. Dengan demikian disimpulkan bahwa mahasiswa mempunyai efikasi diri yang positif terhadap mata kuliah metode numerik, walau dalam pembelajaran yang dilaksanakan secara online/ jarak jauh. Mahasiswa tetap yakin dan optimis dapat menyelesaikan tugas-tugas dari dosennya, baik soal-soal dalam kategori mudah, sedang maupun sulit.Downloads
Published
2022-07-28
How to Cite
Rezeki, S. ., Yuliyani , . R. ., & Tama, . B. J. . (2022). Kajian Efikasi Diri Mahasiswa terhadap Mata Kuliah Metode Numerik. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(4), 2165–2171. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.5726
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Sri Rezeki, Rahmawati Yuliyani, Bayu Jaya Tama
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).