Kajian Efikasi Diri Mahasiswa terhadap Mata Kuliah Metode Numerik

Authors

  • Sri Rezeki Universitas Indraprasta PGRI
  • Rahmawati Yuliyani Universitas Indraprasta PGRI
  • Bayu Jaya Tama Universitas Indraprasta PGRI

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.5726

Abstract

Penelitian ini mengkaji bagaimana tingkat efikasi diri mahasiswa dalam mata kuliah Metode Numerik, dimana obyek penelitian ini diambil dari salah satu PTS yang ada di Jakarta Timur. Dalam penelitian ini kami menggunakan penelitian kualitatif yaitu melalui penyebaran angket efikasi diri kepada 53 mahasiswa yang sedang mengikuti perkuliahan Metode Numerik. Adapun dimensi dari efikasi diri yang dikaji dalam artikel ini adalah dimensi magnitude, strength, dan generality. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh dimensi magnitude diperoleh skor reratanya yaitu 3,96 yang artinya mahasiswa mempunyai dimensi magnitude yang positif, dimensi strength rerata skornya diperoleh sebesar 3,69 yang artinya mahasiswa mempunyai dimensi strength yang positif, dan dimensi generality rerata skor diperoleh sebesar 3,18 yang artinya mahasiswa mempunya dimensi generality yang positif. Dengan demikian disimpulkan bahwa mahasiswa mempunyai efikasi diri yang positif terhadap mata kuliah metode numerik, walau dalam pembelajaran yang dilaksanakan secara online/ jarak jauh. Mahasiswa tetap yakin dan optimis dapat menyelesaikan tugas-tugas dari dosennya, baik soal-soal dalam kategori mudah, sedang maupun sulit.

Downloads

Published

2022-07-28

How to Cite

Rezeki, S. ., Yuliyani , . R. ., & Tama, . B. J. . (2022). Kajian Efikasi Diri Mahasiswa terhadap Mata Kuliah Metode Numerik. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(4), 2165–2171. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.5726