Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Materi Sistem Koloid dengan Model Pembelajaran Sets Science Environment Technology and Society (SETS)
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.5724Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa pada materi koloid dengan menerapkan model pembelajaran science environment technology and society (SETS). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuasi eksperimen dengan desain penelitian “Pretest-Posttest Nonequivalent Control Group Design”. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI di SMAN 1 Leuwimunding di Kabupaten Majalengka yang berjumlah 62 siswa. Pengumpulan data dilakukan melalui tes tertulis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran SETS untuk materi koloid dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa dengan N-Gain sebesar 42% (kategori sedang). Peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa kelas eksperimen juga berbeda secara signifikan dari kelas kontrol. Dengan demikian, pembelajaran kimia dengan model pembelajaran SETS harus terus dikembangkan karena dengan mengimplementasikan pembelajaran SETS dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswaDownloads
Published
2022-07-28
How to Cite
Maimunah, . M. (2022). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Materi Sistem Koloid dengan Model Pembelajaran Sets Science Environment Technology and Society (SETS). Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(4), 2154–2164. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.5724
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Maimunah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).





.png)









