Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Materi Sistem Koloid dengan Model Pembelajaran Sets Science Environment Technology and Society (SETS)

Authors

  • Maimunah Maimunah Universitas Indraprasta PGRI

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.5724

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa pada materi koloid dengan menerapkan model pembelajaran science environment technology and society (SETS). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuasi eksperimen dengan desain penelitian “Pretest-Posttest Nonequivalent Control Group Design”. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI di SMAN 1 Leuwimunding di Kabupaten Majalengka yang berjumlah 62 siswa. Pengumpulan data dilakukan melalui tes tertulis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran SETS untuk materi koloid dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa dengan N-Gain sebesar 42% (kategori sedang). Peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa kelas eksperimen juga berbeda secara signifikan dari kelas kontrol. Dengan demikian, pembelajaran kimia dengan model pembelajaran SETS harus terus dikembangkan karena dengan mengimplementasikan pembelajaran SETS dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa

Downloads

Published

2022-07-28

How to Cite

Maimunah, . M. (2022). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Materi Sistem Koloid dengan Model Pembelajaran Sets Science Environment Technology and Society (SETS). Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(4), 2154–2164. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.5724