Tanggapan Siswa Terhadap Lembar Kerja Peserta Didik Elektronik (E-LKPD) Berbasis Problem Based Learning Sebagai Media Pembelajaran Matematika Materi Sudut
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.5650Abstract
Teknologi terus berkembang seiring dengan perkembangan zaman. Begitu juga pendidikan yang semakin maju dengan memanfaatkan teknologi yang ada. Pemanfaatan teknologi dalam pendidikan salah satunya pada mata pelajaran matematika. Mata pelajaran matematika merupakan mata pelajaran yang masih dianggap sulit, sehingga diperlukan bahan ajar yang lebih menarik dan memudahkan siswa dalam memahami pembelajaran matematika. Salah satu pemanfaatan teknologi yaitu dengan bahan ajar elektronik. Pada penelitian ini peneliti membuat bahan ajar elektronik berupa E-LKPD berbasis Problem Based Learning berbantuan liveworksheets. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tanggapan siswa mengenai penggunaan bahan ajar elektronik E-LKPD berbasis Problem Based Learning untuk meningkatkan berpikir kreatif siswa. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif tentang respon siswa terhadap kepuasan pembelajaran matematika menggunakan E-LKPD. Tanggapan siswa dikumpulkan menggunakan angket dengan skala likert, kemudian hasil angket dianalisis menggunakan teknik klasifikasi kriteria kepraktisan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil uji coba E-LKPD matematika pada kelas skala kecil berkategori baik dan skala besar menunjukkan kategori baik. Maka dari itu, E-LKPD dinyatakan praktis digunakan karena memperoleh respons positif dari siswa, bahwa E-LKPD lebih menyenangkan, mudah digunakan dan dapat diakses di mana saja. Dengan demikian, tanggapan siswa kelas VII di SMP N 1 Girimulyo Kulon Progo terhadap E-LKPD baik dan praktis digunakan.Downloads
Published
2022-07-25
How to Cite
Ratnasari, . A. S. ., & Wulanningtyas, M. E. . (2022). Tanggapan Siswa Terhadap Lembar Kerja Peserta Didik Elektronik (E-LKPD) Berbasis Problem Based Learning Sebagai Media Pembelajaran Matematika Materi Sudut. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(4), 1929–1934. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.5650
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Arshita Setya Ratnasari, Melania Eva Wulanningtyas

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).





.png)









