Tanggapan Siswa Terhadap Lembar Kerja Peserta Didik Elektronik (E-LKPD) Berbasis Problem Based Learning Sebagai Media Pembelajaran Matematika Materi Sudut

Authors

  • Arshita Setya Ratnasari Universitas Mercu Buana Yogyakarta
  • Melania Eva Wulanningtyas Universitas Mercu Buana Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.5650

Abstract

Teknologi terus berkembang seiring dengan perkembangan zaman. Begitu juga pendidikan yang semakin maju dengan memanfaatkan teknologi yang ada. Pemanfaatan teknologi dalam pendidikan salah satunya pada mata pelajaran matematika. Mata pelajaran matematika merupakan mata pelajaran yang masih dianggap sulit, sehingga diperlukan bahan ajar yang lebih menarik dan memudahkan siswa dalam memahami pembelajaran matematika. Salah satu pemanfaatan teknologi yaitu dengan bahan ajar elektronik. Pada penelitian ini peneliti membuat bahan ajar elektronik berupa E-LKPD berbasis Problem Based Learning berbantuan liveworksheets. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tanggapan siswa mengenai penggunaan bahan ajar elektronik E-LKPD berbasis Problem Based Learning untuk meningkatkan berpikir kreatif siswa. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif tentang respon siswa terhadap kepuasan pembelajaran matematika menggunakan E-LKPD. Tanggapan siswa dikumpulkan menggunakan angket dengan skala likert, kemudian hasil angket dianalisis menggunakan teknik klasifikasi kriteria kepraktisan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil uji coba E-LKPD matematika pada kelas skala kecil berkategori baik dan skala besar menunjukkan kategori baik. Maka dari itu, E-LKPD dinyatakan praktis digunakan karena memperoleh respons positif dari siswa, bahwa E-LKPD lebih menyenangkan, mudah digunakan dan dapat diakses di mana saja. Dengan demikian, tanggapan siswa kelas VII di SMP N 1 Girimulyo Kulon Progo terhadap E-LKPD baik dan praktis digunakan.

Downloads

Published

2022-07-25

How to Cite

Ratnasari, . A. S. ., & Wulanningtyas, M. E. . (2022). Tanggapan Siswa Terhadap Lembar Kerja Peserta Didik Elektronik (E-LKPD) Berbasis Problem Based Learning Sebagai Media Pembelajaran Matematika Materi Sudut. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(4), 1929–1934. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.5650