Hubungan Motivasi Belajar dengan Tingkat Kepercayaan Diri dalam Mengerjakan Skripsi pada Mahasiswa

Authors

  • Okta Narita Putri Fartisia Universitas Muhammadiyah Gresik
  • Nadhirotul Lalily Universitas Muhammadiyah Gresik

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.5608

Abstract

Kepercayaan diri merupakan suatu keyakinan yang dimiliki  seseorang  bahwa  dirinya  mampu berperilaku seperti  yang  dibutuhkan  untuk memperoleh hasil seperti yang diharapkan. Salah satu faktor yang berhubungan dengan kepercayaan diri adalah motivasi yang merupakan kehendak seseorang guna melakukan suatu tindakan untuk mencapai tujuan tertentu. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan motivasi belajar dengan tingkat kepercayaan diri dalam mengerjakan skripsi. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif korelasional. Jumlah populasi dalam penelitian ini adalah 86 mahasiswa. Pemilihan subjek dalam penelitian ini menggunakan teknik sampling jenuh dan mendapatkan 61  mahasiswa. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dan respon jawaban mengacu skala likert. Analisis data pada penelitian ini dengan korelasi Product Moment dibantu  program SPSS versi 26. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat hubungan positif yang signifikan antara motivasi belajar dengan kepercayaan diri  pada mahasiswa, dengan nilai  pearson correlation sebesar sig <0.05. Dapat disimpulkan bahwa semakin tinggi motivasi belajar maka semakin tinggi kepercayaan diri  untuk mengerjakan skripsi.

Downloads

Published

2022-07-22

How to Cite

Fartisia, O. N. P., & Lalily, N. . (2022). Hubungan Motivasi Belajar dengan Tingkat Kepercayaan Diri dalam Mengerjakan Skripsi pada Mahasiswa . Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(4), 1775–1782. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.5608