Pengembangan Modul Menulis Teks Biografi Bermuatan Nilai Nasionalisme Untuk Peserta Didik SMA Kelas X Di SMA Negeri 1 Membalong

Authors

  • Mel Siska Rudianti Universitas PGRI Palembang
  • Missriani Missriani Universitas PGRI Palembang
  • Darwin Effendi Universitas PGRI Palembang

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.5463

Abstract

Tujuan dari peneliti mengembangkan modul pembelajaran pelajaran bahasa Indonesia dalam materi teks biografi dengan muatan nilai nasionalisme di SMA Negeri 1 Membalong adalah untuk mengembangkan sumber belajar yang baru dan tidak bosan dalam belajar. Metode penelitian yang dipakai adalah R&D (Research and Development) dengan menggunakan langkah-langkah pengembangan dari Sugiyono. Penilaian terdiri dari tiga aspek yaitu aspek isi materi, aspek media, dan aspek bahasa. Hasil validasi yang dilakukan oleh ketiga ahli a) ahli materi didapatkan nilai 88,60% dengan keterangan Sangat baik. b) ahli media didapatkan nilai 94,20% dengan keterangan Sangat Baik. c) ahli bahasa didapatkan nilai 95,80% dengan keterangan Sangat Baik. Juga dilakukan dua uji coba, uji coba kelompok kecil berjumlah 10 siswa dan uji coba kelompok besar berjumlah 28 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan angket/kuisioner. Analisis data dilakukan dengan analisis persentase. Hasil dari penelitian adalah a) uji kelompok kecil rata-rata sebesar 95,60% dengan keterangan Sangat Baik dan uji coba kelompok besar rata-rata sebesar 91% dengan keterangan Sangat baik.

Downloads

Published

2022-07-20

How to Cite

Rudianti, M. S. ., Missriani, M., & Effendi, D. (2022). Pengembangan Modul Menulis Teks Biografi Bermuatan Nilai Nasionalisme Untuk Peserta Didik SMA Kelas X Di SMA Negeri 1 Membalong. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(4), 1370–1373. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.5463