Pengembangan Media Pembelajaran menggunakan Komik Berbasis Budaya Lokal untuk Penguatan Karakter Sesuai dengan Profil Pelajar Pancasila Jenjang SD
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.5446Abstract
Perkembangan teknologi yang pesat membuat karakter anak bangsa berangsur berkurang. Hal ini dikarenakan teknologi yangmempermudah anak dapat mengakses segala informasi dan anak belum dapat membedakan mana yang baik dan buruk serta berkurangnya rasa nasionalisme pada anak sehingga penanaman pendidikan karakter sangat penting ditanamkan terutama pada tingkat sekolah dasar. Penguatan karakter profil pelajar pancasila dapat dilakukan dengan menggunakan budaya lokal. Karakter budaya lokal dapat diterapkan melalui pengenalan budaya lokal yang dimiliki. Purworejo memiliki keberagaman budaya lokal seperti tempat bersejarah, seni, pahlawan nasional, bedhuk terbesar di dunia, alun-alun terbesar di Asia, dan aneka makanan dan minuman khas Purworejo. Apabila peserta didik paham hal tersebut, tentu akan bangga dan cinta terhadap budaya yang dimiliki. Oleh sebab itu perlu dilakukan pengembangan media pembelajaran melalui komik berbasis budaya lokal untuk penguatan profil pelajar Pancasila jenjang SD. Penelitian ini menggunakan model ADDIE dalam melakukan pengembangan media komik. Langkah-langkah model ADDIE yaitu analysis, design, development, implementation, dan evaluation Subjek dalam penelitian ini yaitu peserta didik kelas V SD Muhammadiyah Kabupaten Purworejo. Penelitian ini bertujuan yaitu (1) Mengembangkan Media Pembelajaran Menggunakan Komik Berbasis Budaya Lokal untuk Penguatan Karakter sesuai dengan Profil Pelajar Pancasila Jenjang SD; (2)Mengetahui kelayakan dan kepraktisan Media Pembelajaran Menggunakan Komik Berbasis Budaya Lokal untuk Penguatan Karakter sesuai dengan Profil Pelajar Pancasila Jenjang SD; (3)Mengetahui penguatan karakter pelajar pancasila.Downloads
Published
2022-07-18
How to Cite
Ngazizah, N. ., & Laititia, T. . (2022). Pengembangan Media Pembelajaran menggunakan Komik Berbasis Budaya Lokal untuk Penguatan Karakter Sesuai dengan Profil Pelajar Pancasila Jenjang SD. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(4), 1258–1263. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.5446
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Nur Ngazizah, Tasya Laititia

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).





.png)









