The Function Methodology of Islamic Study in Islamic Education
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.5445Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan secara deskriptif bagaimana pentingnya metodologi studi Islam dalam Pendidikan Islam. Jenis Penelitian ini yang digunakan penulis adalah kualitatif deskriptif. Guna memperoleh hasil penelitian yang akurat dan dapat dipertanggungjawabkan, maka peneliti langsung merujuk kepada sumber-sumber rujukan terbaru dan dapat dipercaya. Adapun prosedur pengumpulan data yang dilaksanakan peneliti adalah tahapan library research, yaitu penelitian yang dilakukan dengan mengumpulkan, membaca dan menganalisa buku yang ada relevansinya dengan masalah yang dibahas. Selain itu dibutuhkan instrumen dokumentasi sebagai data tambahan Setelah data-data seluruhnya terkumpul, peneliti kemudian mengolah data-data tersebut dengan menggunakan teknik kualitatif, yakni bentuk analisis yang menginterpretasi data-data yang diperoleh. Hasil dari penelitian ini adalah bahwa metodologi studi Islam sangat penting dalam pendidikan Islam, supaya: a) dalam menyampaikan pendidikan Islam, para siswa memiliki pemikiran yang kritis sesuai dengan ajaran Islam yang menjadi pondasi dalam kehidupannya, b) membentuk pemikiran para siswa bahwa pentingnya ajaran agama Islam dalam sikap maupun tindakan, c) berbuat dan berinteraksi dengan siapapun dengan landasan iman dan berpegang kepada syariat Islam, d) melahirkan genarasi-generasi yang percaya diri, berani berpendapat dan berani mempertahankan pendapatnya dengan komitmen terhadap ajaran Islam. Kata Kunci: Metodologi, Studi Islam, Pendidikan Islam.Downloads
Published
2022-07-18
How to Cite
Fauzi, F., & Saiin, A. (2022). The Function Methodology of Islamic Study in Islamic Education. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(4), 1248–1257. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.5445
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Fauzi, Asrizal Saiin

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).





.png)









