The Function Methodology of Islamic Study in Islamic Education

Authors

  • Fauzi Fauzi STAIN Sultan Abdurrahman Kepulauan Riau
  • Asrizal Saiin STAIN Sultan Abdurrahman Kepulauan Riau

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.5445

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan secara deskriptif bagaimana pentingnya metodologi studi Islam dalam Pendidikan Islam. Jenis Penelitian ini yang digunakan penulis adalah kualitatif deskriptif. Guna memperoleh hasil penelitian yang akurat dan dapat dipertanggungjawabkan, maka peneliti langsung merujuk kepada sumber-sumber rujukan terbaru dan dapat dipercaya. Adapun prosedur pengumpulan data yang dilaksanakan peneliti adalah tahapan library research, yaitu penelitian yang dilakukan dengan mengumpulkan, membaca dan menganalisa buku yang ada relevansinya dengan masalah yang dibahas. Selain itu dibutuhkan instrumen dokumentasi sebagai data tambahan Setelah data-data seluruhnya terkumpul, peneliti kemudian mengolah data-data tersebut dengan menggunakan teknik kualitatif, yakni bentuk analisis yang menginterpretasi data-data yang diperoleh. Hasil dari penelitian ini adalah bahwa metodologi studi Islam sangat penting dalam pendidikan Islam, supaya: a) dalam menyampaikan pendidikan Islam, para siswa memiliki pemikiran yang kritis sesuai dengan ajaran Islam yang menjadi pondasi dalam kehidupannya, b) membentuk pemikiran para siswa bahwa pentingnya ajaran agama Islam dalam sikap maupun tindakan, c) berbuat dan berinteraksi dengan siapapun dengan landasan iman dan berpegang kepada syariat Islam, d) melahirkan genarasi-generasi yang percaya diri, berani berpendapat dan berani mempertahankan pendapatnya dengan komitmen terhadap ajaran Islam. Kata Kunci: Metodologi, Studi Islam, Pendidikan Islam.

Downloads

Published

2022-07-18

How to Cite

Fauzi, F., & Saiin, A. (2022). The Function Methodology of Islamic Study in Islamic Education. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(4), 1248–1257. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.5445