PENGARUH KONSELING KELOMPOK DENGAN PENDEKATAN BEHAVIORAL TERHADAP PENYESUAIAN DIRI SISWA DI MAS SALIMPAUNG
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v2i1.530Keywords:
penyesuaian diri, konseling kelompok pendekatan behavioralAbstract
Masalah pokok dalam penelitian ini adalah rendahnya penyesuaian diri siswa di MAS Salimpaung. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat pengaruh konseling kelompok dengan pendekatan behavioral dalam meningkatkan penyesuaian diri siswa di MAS Salimpaung. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif yang menggunakan rancangan pre experimental dengan tipe one group pretest-posttest design yaitu dengan mengukur penyesuaian diri kelompok eksperimen dengan menggunakan instrumen yang sama pada pengukuran pretest dan posttest. Teknik pengumpulan data yang penulis gunakan adalah skala. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X MAS Salimpaung. Sampel pada penelitian ini adalah siswa kelas X Agama sebanyak 10 orang. Kelompok eksperimen ditentukan melalui teknik random sampling.References
Aini, N. DYP. Sugijarto. Sutoyo, A. 2014. Pengembangan Model Bimbingan Kelompok dengan Teknik Sosiodrama untuk Meningkatkan Penyesuaian Diri Siswa. Jurnal Bimbingan Konseling. 3(2): 106
Kusdiyati, S. Halimah, L. Faisaluddin. 2011. Penyesuaian Diri di Lingkungan Sekolah pada Siswa Kelas XI SMA Pasundan, Bandung. Jurnal Humanitas. 8(2): 181
Kurnanto, E. 2013. Konseling Kelompok. Bandung: Alfabeta
Kasiram. 2008. Metode Penelitian. Yogyakarta: UIN Malang Press
Natawidjaja, R. 2009. Konseling Kelompok Konsep Dasar dan Pendekatan. Bandung: Rizqi Press
Putra, Agus Dharma. Ni Ketut Suarni, Dewi Arum WMP. 2014. Efektifitas Konseling Behavioral dengan Teknik Modeling untuk
Mengoptimalkan Penyesuaian Diri Siswa Kelas X SMK Negeri 2 Singaraja. E-journal Undiksa Jurusan Bimbingan dan Konseling. 2(1): 6
Risnawita, R dan Gufran, M.N. 2011. Teori-teori Psikologi. Yogyakarta:Ar-Ruzz Media Sugiyono. 2013. Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta
Sanyata, S. Teknik dan Strategi Konseling Kelompok. 2010. Jurnal Paradigma. 5 (09):116