Upaya Meningkatkan Kemampuan Keterampilan Membaca Pemahaman Siswa Kelas V dengan menggunakan Metode Scramble Pada Pelajaran Bahasa Indonesia Di MIS Salamah Kec. Alam Barajo Kota Jambi

Authors

  • Abu Jamin MIS Salamah Kota Jambi

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.5189

Abstract

Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian tindakan kelas (PTK). Dalam penelitian ini digunakan pendekatan Kualitatif yang pemecahan masalahnya menggunakan data empiris (pengalaman), yang pada umumnya mendasarkan kerjanya pada teori dari dasar, dan manusia sebagai alat penelitian. Tujuan utama penelitian ini adalah menggambarkan secara sistematis fakta dan karakteristik objek atau subjek yang diteliti secara tepat untuk memperbaiki kinerja pendidik serta hasil belajar peserta didik. Penelitian ini dilaksanakan melalui empat langkah yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan beberapa teknik antara lain : observasi dan tes. Hasil penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan pada kelas V MIS Nurul Ittihad Kota Jambi  tahun pelajaran 2020/2021dapat disimpulkan bahwa : Pengunaan metode scramble dapat meningkatkan kemampuan membaca pemahaman siswa mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas V MIS Nurul Ittihad Kota Jambi Tahun Pelajaran 2020/2021. Hal ini ditunjukkan dengan meningkatnya rata-rata nilai hasil tes evaluasi pada siklus I sebesar 74,5, sedangkan tes evaluasi pada siklus II mencapai nilai rata-rata sebesar 86,25 telah melampaui indikator pencapaian yaitu hasil belajar peserta didik ? 70.

Downloads

Published

2022-07-04

How to Cite

Jamin , A. . (2022). Upaya Meningkatkan Kemampuan Keterampilan Membaca Pemahaman Siswa Kelas V dengan menggunakan Metode Scramble Pada Pelajaran Bahasa Indonesia Di MIS Salamah Kec. Alam Barajo Kota Jambi . Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(4), 160–170. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.5189