Upaya Meningkatkan Kemampuan Keterampilan Membaca Pemahaman Siswa Kelas V dengan menggunakan Metode Scramble Pada Pelajaran Bahasa Indonesia Di MIS Salamah Kec. Alam Barajo Kota Jambi
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.5189Abstract
Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian tindakan kelas (PTK). Dalam penelitian ini digunakan pendekatan Kualitatif yang pemecahan masalahnya menggunakan data empiris (pengalaman), yang pada umumnya mendasarkan kerjanya pada teori dari dasar, dan manusia sebagai alat penelitian. Tujuan utama penelitian ini adalah menggambarkan secara sistematis fakta dan karakteristik objek atau subjek yang diteliti secara tepat untuk memperbaiki kinerja pendidik serta hasil belajar peserta didik. Penelitian ini dilaksanakan melalui empat langkah yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan beberapa teknik antara lain : observasi dan tes. Hasil penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan pada kelas V MIS Nurul Ittihad Kota Jambi tahun pelajaran 2020/2021dapat disimpulkan bahwa : Pengunaan metode scramble dapat meningkatkan kemampuan membaca pemahaman siswa mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas V MIS Nurul Ittihad Kota Jambi Tahun Pelajaran 2020/2021. Hal ini ditunjukkan dengan meningkatnya rata-rata nilai hasil tes evaluasi pada siklus I sebesar 74,5, sedangkan tes evaluasi pada siklus II mencapai nilai rata-rata sebesar 86,25 telah melampaui indikator pencapaian yaitu hasil belajar peserta didik ? 70.Downloads
Published
2022-07-04
How to Cite
Jamin , A. . (2022). Upaya Meningkatkan Kemampuan Keterampilan Membaca Pemahaman Siswa Kelas V dengan menggunakan Metode Scramble Pada Pelajaran Bahasa Indonesia Di MIS Salamah Kec. Alam Barajo Kota Jambi . Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(4), 160–170. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.5189
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Abu Jamin

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).





.png)









