Pentingnya Penerapan Budaya Literasi Membaca dan Menulis Terhadap Prestasi Peserta Didik Di Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.5180Abstract
Pendidikan merupakan salah satu hal yang penting keberadaannya bagi setiap anak. Proses Pendidikan juga tidak terlepas dari kemampuan literasi seorang anak karena sebagian besar proses pendidikan bergantung pada kemampuan literasi anak. Namun pada kenyataannya ada anak yang memiliki kemampuan literasi yang rendah. Literasi yang dimiliki oleh anak memberikan dampak yang besar bagi anak salah satunya adalah berkomunikasi dan mengolah informasi yang diperoleh. Selain itu kemampuan literasi yang dimiliki oleh anak akan memberikan pengaruh terhadap prestasi yang diperoleh oleh anak. Sehingga tujuan penulisan artikel ini adalah untuk melihat bagaimana pengaruh kemampuan literasi terhadap prestasi anak SD. Berdasarkan survei yang dilakukan Program For International Student Assessment (PISA), tingkat literasi Indonesia menempati peringkat 62 dari 70 negara, sehingga perlunya penigkatan budaya literasi baik literasi membaca ataupun menulis. Metode penelitian yang dilakukan adalah dengan menggunakan kajian dari jurnal,buku dan internet. Dilihat dari salah satu hasil penelitian, terlihat bahwa bahwa kemampuan literasi yang dimiliki oleh anak mempengaruhi prestasi yang dipeoleh anak. Hal ini menunjukkan bahwa kebiasaan literasi (membaca) sangat penting untuk meningkatkan prestasi belajar anak.Downloads
Published
2022-07-03
How to Cite
Kusuma, M. W. ., Larasati, W. ., Risma, F. V. ., Sari, N. ., & Agustin, U. V. S. . (2022). Pentingnya Penerapan Budaya Literasi Membaca dan Menulis Terhadap Prestasi Peserta Didik Di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(4), 132–138. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.5180
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Meyla Widya Kusuma, Widya Larasati, Fidelis Ventista Risma, Narwastu Sari, Ulfia Violina Shellby Agustin
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).