Pengaruh Ice Breaking Dan Mathmagic Terhadap Minat Belajar Siswa Pada Materi Trigonometri Kelas X IPA 1 Di MAN 2 Situbondo Tahun Ajaran 2021/2022

Authors

  • Tri Astindari STKIP PGRI SITUBONDO
  • Yesi Puspitasari [email protected]
  • Nikmah Tuljannah STKIP PGRI SITUBONDO

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i3.5044

Abstract

Untuk meningkatkan minat belajar siswa pada mata pelajaran matematika, perlu dilakukan beberapa inovasi dalam kegitan pembelajaran. Ice breaking dan mathmagic merupakan salah satu bentuk inovasi yang dapat dilakukan untuk menarik minat siswa pada mata pelajaran matematika. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Terdapat tiga variabel dalam penelitian ini yaitu Ice Breaking, Mathmagic, dan Minat belajar siswa. Data yang diperoleh akan dilakukan analisis statistik dengan menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, dan uji Chi Square. Nilai rtabel dengan n = 26 yaitu r = 0,396. Seluruh pernyataan dalam angket ice breaking, mathmagic, dan minat belajar dinyatakan valid karena nilai rhitung > rtabel. Hasil uji reliabilitas angket ice breaking diperoleh Cronbach Alpha 0,897, angket mathmagic diperoleh Cronbach Alpha 0,863, angket minat belajar diperoleh Cronbach Alpha 0,850, maka keseluruhan angket memilimki nilai ? > rtabel sehingga seluruh angket dinyatakan reliabel. Uji normalitas Shapiro Wilk angket minat belajar awal siswa sebesar 0,781, angket minat belajar siswa setelah penggunaan ice breaking sebesar 0,630, angket minat belajar siswa setelah mathmagic sebesar 0,066, dan angket minat belajar siswa setelah ice breaking dan mathmagic sebesar 0,214. Hasil uji Chi Square hipotesis pertama sebesar 3,939, hasil uji Chi Square hipotesis kedua sebesar 3,939 > Chi, hasil uji Chi Square hipotesis ketiga nilai sebesar 4,208. Hasil uji Chi Square dari ketiga hipotesis > Chi Square tabel (3,841) maka Ha diterima dan Ho ditolak.

Downloads

Published

2022-06-29

How to Cite

Astindari, T., Puspitasari, Y., & Tuljannah, N. . (2022). Pengaruh Ice Breaking Dan Mathmagic Terhadap Minat Belajar Siswa Pada Materi Trigonometri Kelas X IPA 1 Di MAN 2 Situbondo Tahun Ajaran 2021/2022. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(3), 2318–2323. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i3.5044