Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Pembelajaran Kontekstual Muatan Matematika Materi Penjumlahan dan Pengurangan

Authors

  • Ni Made Tantri Kusumayanti Universitas Pendidikan Ganesha
  • I. B. Gede Surya Abadi Universitas Pendidikan Ganesha
  • I. G. A. Ayu Wulandari Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i3.4875

Abstract

Penelitian pengembangan ini didasari saat pandemi covid-19 pembelajaran tidak berjalan dengan efektif, banyak materi dan tujuan pembelajaran yang tidak tercapai serta peserta didik belum mampu belajar mandiri terutama kelas rendah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui rancang bangun dan kelayakan dari multimedia interaktif berbasis pembelajaran kontekstual muatan matematika materi penjumlahan dan pengurangan bagi siswa kelas I. Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian pengembangan ini adalah metode ADDIE, pengumpulan data menggunakan metode observasi tidak berstruktur, wawancara tidak berstruktur dan penyebaran angket atau kuisioner, data kemudian dilanjutkan dengan analisis deskriptif secara kualitatif dan kauntitatif. Hasil yang diperoleh adalah, (1) Rancang bangun multimedia interaktif berbasis pembelajaran kontekstual muatan matematika materi penjumlahan dan pengurangan berupa aplikasi android dengan media yang sering dijumpai siswa, terdapat latihan soal serta video penjelasan sehingga siswa belajar dengan mandiri. (2) Hasil uji kelayakan yang diperoleh adalah uji validitas ahli isi materi diperoleh hasil 97, 91% dengan kategori sangat layak, uji ahli media pembelajaran mendapat hasil 93,75% dengan kategori sangat layak, hasil uji ahli desain pembelajaran adalah 93,75% dengan kategori sangat layak, uji perorangan mendapatkan hasil 97,61% dengan kategori sangat layak, uji coba kelompok kecil mendapatkan hasil 94,63% dengan kategori sangat layak.

Downloads

Published

2022-06-24

How to Cite

Ni Made Tantri Kusumayanti, Abadi, I. B. G. S. ., & Wulandari, I. G. A. A. . (2022). Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Pembelajaran Kontekstual Muatan Matematika Materi Penjumlahan dan Pengurangan. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(3), 1437–1443. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i3.4875