Scrapbook sebagai Media Pembelajaran Tematik Tema Makanan Sehat Subtema 1 Pembelajaran 2 Siswa Kelas V SD

Authors

  • Regina Putu Irmayanti Universitas Pendidikan Ganesha
  • Maria Goreti Rini Kristiantari Universitas Pendidikan Ganesha
  • Ni Nyoman Ganing Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i3.4859

Abstract

Penelitian dilatarbelakangi oleh ketersediaan media pembelajaran yang masih terbatas saat proses pembelajaran. Tujuan penelitian yaitu untuk mendeskripsikan rancang bangun dan mengetahui kelayakan dari media scrapbook tematik tema makanan sehat subtema 1 pembelajaran 2. Penelitian menggunakan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari analisis (analyze), desain (design), pengembangan (development), implementasi (implementation), evaluasi (evaluation). Subjek penelitian ini yaitu ahli isi pembelajaran, ahli desain pembelajaran, ahli media pembelajaran dan siswa kelas V. Teknis analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kuantitatif dan analisis deskriptif kualitatif. Berdasarkan hasil analisis data hasil penilaian uji ahli isi pembelajaran sebesar 92,85%, hasil penilaian uji ahli desain pembelajaran sebesar 91,66%, hasil penilaian ahli media pembelajaran sebesar 91,66%, hasil penilaian uji coba perorangan sebesar 92,8%, uji coba kelompok kecil sebesar 95,2% dengan semuanya mendapat klasifikasi sangat baik. Berdasarkan analisis data dapat disimpulkan bahwa media scrapbook tematik tema makanan sehat subtema 1 pembelajaran 2 layak digunakan sebagai media pembelajaran untuk siswa kelas V Sekolah Dasar.

Downloads

Published

2022-06-22

How to Cite

Regina Putu Irmayanti, Kristiantari, M. G. R. ., & Ganing, N. N. (2022). Scrapbook sebagai Media Pembelajaran Tematik Tema Makanan Sehat Subtema 1 Pembelajaran 2 Siswa Kelas V SD. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(3), 1393–1402. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i3.4859