Pengembangan Video Pembelajaran Matematika Berbasis Open Ended Materi Pecahan Senilai Untuk Kelas IV Di SD No. 1 Mengwi
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i3.4498Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh terbatasnya media pembelajaran yang dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan partisipasi aktif siswa khususnya pada muatan matematika. Penelitian ini mengembangkan video pembelajaran yang menerapkan model open ended. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui rancang bangun dan kelayakan video pembelajaran berbasis open ended. Penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE. Subjek uji coba penelitian ini adalah 1 ahli isi pembelajaran, 1 ahli desain pembelajaran, 1 ahli media pembelajaran, 12 orang siswa kelas IV. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner dengan teknik analisis data deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian ini adalah (1) rancang bangun video pembelajaran melalui lima tahapan yaitu tahap analisis, perancangan, pengembangan, implementasi, evaluasi. (2) Kelayakan video pembelajaran dinyatakan sangat baik dilihat dari hasil review ahli isi pembelajaran memperoleh presentase 90%, review ahli desain pembelajaran memperoleh presentase 93,18%, review ahli media pembelajaran memperoleh presentase 96,15%, hasil uji coba perorangan memperoleh presentase skor 93,94%, hasil uji coba kelompok kecil memperoleh presentase 90,42%. Jadi dapat disimpulkan bahwa media video pembelajaran matematika berbasis open ended memperoleh kualifikasi sangat baik sehingga sangat layak digunakan dalam kegiatan pembelajaran. Kata Kunci: Pengembangan, Video, Matematika, Open EndedDownloads
Published
2022-06-03
How to Cite
Sistadewi, K. ., & Sastra Agustika, G. N. . (2022). Pengembangan Video Pembelajaran Matematika Berbasis Open Ended Materi Pecahan Senilai Untuk Kelas IV Di SD No. 1 Mengwi . Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(3), 769–777. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i3.4498
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Komang Sistadewi, Gusti Ngurah Sastra Agustika
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).