Media Pembelajaran Cerita Bergambar Berbasis Problem Solving Pada Materi Volume Kubus dan Balok Muatan Pelajaran Matematika Kelas V
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i3.4497Abstract
Penelitian pengembangan ini dilatarbelakangi oleh kurangnya penggunaan media pembelajaran yang bervariatif yang menyebabkan pembelajaran menjadi monoton sehingga siswa merasa jenuh dan bosan mengikuti kegiatan pembelajaran Tujuan penelitian ini untuk menciptakan produk berupa media pembelajaran cerita bergambar dan mengetahui kelayakan media tersebut. Penelitian ini pada model pengembangan ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, Evaluation). Media pembelajaran yang dikembangkan berupa media cerita bergambar berbasis problem solving materi volume kubus dan balok pada muatan pelajaran matematika untuk siswa kelas V SD. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu kuesioner. Data kuesioner yang diperoleh kemudian dianalisis dengan teknik analisis kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) rancang bangun media cerita bergambar berbasis problem solving sesuai dengan model pengembangan ADDIE, (2) hasil uji kelayakan produk oleh ahli isi pembelajaran sebesar 92,85%, hasil validasi ahli desain pembelajaran sebesar 95%, hasil validasi ahli media pembelajaran sebesar 92,64%, hasil uji coba perorangan sebesar 96,96% dan hasil uji kelompok kecil sebesar 97,47% dengan kualifikasi untuk semua uji yang dilakukan adalah sangat baik. Sehingga dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran cerita bergambar berbasis problem solving dinyatakan layak digunakan dalam kegiatan pembelajaran matematika di kelas V SD Kata Kunci: Cerita bergambar, Problem Solving, MatematikaDownloads
Published
2022-06-03
How to Cite
Komang Ayu Marheni Pinatih, & Wiarta, . I. W. (2022). Media Pembelajaran Cerita Bergambar Berbasis Problem Solving Pada Materi Volume Kubus dan Balok Muatan Pelajaran Matematika Kelas V . Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(3), 759–768. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i3.4497
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Komang Ayu Marheni Pinatih, I Wayan Wiarta
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).