Penggunaan Video Blog Media Pembelajaran Alternatif Untuk Melatih Keterampilan Menulis Paragraf Bagi Siswa Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i3.4320Abstract
Menulis paragraf penting bagi siswa di semua tingkatan. Namun, itu dianggap sulit bagi siswa sekolah dasar. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi potensi video blog sebagai media pembelajaran untuk meningkatkan keterampilan menulis di sekolah dasar. Video blog akan berfungsi sebagai media pembelajaran dalam pembelajaran bahasa Indonesia. Penelitian ini melibatkan siswa kelas V SD Marsudirini dan SD Widya Wacana. Pengumpulan data dilakukan melalui kuesioner. Penelitian deskriptif ini dilakukan pada tahun ajaran 2019. Temuan menunjukkan bahwa guru tidak menggunakan media pembelajaran di kelas selama proses pembelajaran bahasa Indonesia di kelas. Para siswa sebagian besar terbiasa menonton video blog. Para siswa menyatakan manfaat dari menonton video blog karena memiliki pemahaman dan pemahaman konten yang lebih baik. Video blog berpotensi menjadi media pembelajaran dalam pembelajaran bahasa Indonesia di sekolah dasar khususnya dalam penulisan paragrafDownloads
Published
2022-05-20
How to Cite
Ardyansyah, . F. ., Nabila, N., Afifah, P. ., Syahrial, S., & Noviyanti, S. . (2022). Penggunaan Video Blog Media Pembelajaran Alternatif Untuk Melatih Keterampilan Menulis Paragraf Bagi Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(3), 372–379. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i3.4320
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Ferdy Ardyansyah, Nabila, Putri Afifah, Syahrial, Silvina Noviyanti
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).