Pengembangan Multimedia Interaktif Untuk Siswa Kelas III Pada Pembelajaran Tematik Tema Benda di Sekitarku Subtema Wujud Benda
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i2.4138Abstract
Penelitian dilakukan berdasarkan kurangnya minat baca siswa dan kurangnya pengembangan media pembelajaran disekolah. Sehingga siswa bosan saat proses pembelajaran yang mengakibatkan tujuan pembelajaran tidak tercapai. penelitian bertujuan untuk 1) mendeskripsikan rancang bangun multimedia interaktif, 2) mengetahui kelayakan multimedia interaktif. Penelitian dilakukan dengan model ADDIE dengan tahapan (Analisis, Desain, Pengembangan, Implementasi, Evaluasi). Subjek penelitian dalam penelitian melibatkan 1 ahli isi pelajaran, 1 ahli media pembelajaran dan 1 ahli desain instruksional, uji perorangan serta uji kelompok kecil siswa kelas III. Metode pengumpulan data menggunakan metode kuisioner/angket, metode observasi, dan metode wawancara. Menganalisis data menggunakan analisis data deskriptif kuantitatif dan deskriptif kualitatif. Hasil data penelitian diperoleh persentase sebagai berikut. 1) dari ahli isi pelajaran diperoleh 95,45%, 2) dari ahli media pelajaran diperoleh 90%, 3) dari ahli desain instruksional diperoleh 90%, 4) dari uji coba perorangan diperoleh 94,44%, 5) dari uji coba kelompok kecil diperoleh 95,36%. Berdasarkan pada hasil uji yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa multimedia interaktif pada pembelajaran tematik siswa kelas III layak digunakan dalam proses pembelajaran. Kata Kunci: Multimedia Interaktif, ADDIE, Pembelajaran TematikDownloads
Published
2022-04-23
How to Cite
Widya Dindariesta, . N. K. ., & Kristiantari, M. R. . (2022). Pengembangan Multimedia Interaktif Untuk Siswa Kelas III Pada Pembelajaran Tematik Tema Benda di Sekitarku Subtema Wujud Benda. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(2), 431–437. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i2.4138
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Ni Kadek Widya Dindariesta, M.G. Rini Kristiantari
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).