Pengembangan Multimedia Interaktif Untuk Siswa Kelas III Pada Pembelajaran Tematik Tema Benda di Sekitarku Subtema Wujud Benda

Authors

  • Ni Kadek Widya Dindariesta Universitas Pendidikan Ganesha
  • M.G. Rini Kristiantari Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i2.4138

Abstract

Penelitian dilakukan berdasarkan kurangnya minat baca siswa dan kurangnya pengembangan media pembelajaran disekolah. Sehingga siswa bosan saat proses pembelajaran yang mengakibatkan tujuan pembelajaran tidak tercapai. penelitian bertujuan untuk 1) mendeskripsikan rancang bangun multimedia interaktif, 2) mengetahui kelayakan multimedia interaktif. Penelitian dilakukan dengan model ADDIE dengan tahapan (Analisis, Desain, Pengembangan, Implementasi, Evaluasi). Subjek penelitian dalam penelitian melibatkan 1 ahli isi pelajaran, 1 ahli media pembelajaran dan 1 ahli desain instruksional, uji perorangan serta uji kelompok kecil siswa kelas III. Metode pengumpulan data menggunakan metode kuisioner/angket, metode observasi, dan metode wawancara. Menganalisis data menggunakan analisis data deskriptif kuantitatif dan deskriptif kualitatif. Hasil data penelitian diperoleh persentase sebagai berikut. 1) dari ahli isi pelajaran diperoleh 95,45%, 2) dari ahli media pelajaran diperoleh 90%, 3) dari ahli desain instruksional diperoleh 90%, 4) dari uji coba perorangan diperoleh 94,44%, 5) dari uji coba kelompok kecil diperoleh 95,36%. Berdasarkan pada hasil uji yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa multimedia interaktif pada pembelajaran tematik siswa kelas III layak digunakan dalam proses pembelajaran. Kata Kunci: Multimedia Interaktif, ADDIE, Pembelajaran Tematik

Downloads

Published

2022-04-23

How to Cite

Widya Dindariesta, . N. K. ., & Kristiantari, M. R. . (2022). Pengembangan Multimedia Interaktif Untuk Siswa Kelas III Pada Pembelajaran Tematik Tema Benda di Sekitarku Subtema Wujud Benda. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(2), 431–437. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i2.4138