Penguatan karakter Bangsa melalui integrasi nilai kearifan lokal Bali pada Pembelajaran Daring
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i1.3747Abstract
Penguatan Pendidikan karakter dewasa ini menjadi tanggungjawab satuan Pendidikan khususnya Pendidikan formal. oleh karena itu Pendidikan karakter tidak boleh terputus disetiap jenjang Pendidikan. Pungutan karater bangsa bisa dilakukan dengan menamkan dan menekankan Kembali bagaiman peran aktualisasi nilai-nilai kearifan local untuk menjadikan generasi yang smart and good citizenship tentunya dengan indikator selalu beprilaku sesuai dengan kaidah-kaidah nilai loka (local wisdom).Kearifan local masysrakat Bali sangatlah adiluhung, yang dijaga dan dilaksanakan sampai saat ini dalam berbabagi dimensi kehidupan masyarakat Bali. Pemblajaran yang diintegrasikan dengan nilai-nilai kearifan lokal Bali muaranya adalah materi pemblajaran bisa dengan mudah dipahami dan sekaligus bisa menguatkan karkter bangsa pada peseta didik. Pembelajaran di sekolah yang masih dilakukan dengan sistem Daring (dalam jaringan) saat ini seolah kering akan penguatan nilai karater bangsa dan aktualisasi nilai-nilai kearifan local Bali. Hal ini diakibatkan oleh keterbatasan interaksi peserta didik dengan lingkungannya dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bersifat deskriptif kualitatif dengan studi literatur dalam usaha membuat rancangan pengitegrasian nilai-nilai kearifan local Bali pada pemblajaran daring yang bertujuan untuk menguatkan karakter bangsa. Kata kucci : Karakter, Kearifan lokal Bali, DaringDownloads
Published
2022-02-24
How to Cite
I Wayan Eka Santika, & I Putu Yudi Sudarmawan. (2022). Penguatan karakter Bangsa melalui integrasi nilai kearifan lokal Bali pada Pembelajaran Daring. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(1), 434–446. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i1.3747
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2021 I Wayan Eka Santika, I Putu Yudi Sudarmawan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).