Manajemen Kelas Dalam Peningkatan Kualitas Pembelajaran Tematik Kelas Awal 1-3 di SDI Bina Shaliha Depok Jawa Barat
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i1.3729Abstract
Secara umum, penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan deskripsikan manajemen kelas dalam peningkatan kualitas pembelajaran tematik pada kelas awal. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif, dengan teknik pengumpulan data primer melalui obervasi, wawancara dan data sekunder melalaui dokumentasi sekolah. Sedangkan analisis data menggunakan analisis deksriptif meliputi reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan verifikasi. Sampel atau informan utama dalam penelitian ini adalah guru wali kelas 1-3, sedangkan informan pendukung adalah kepala sekolah, guru mata pelajaran PAI dan PJOK SDI Bina Shaliha Depok Jawa Barat. Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa: Pertama, Manajemen kelas dalam peningkatan kualitas pembelajaran di awali dari perencanaan penataan ruangan, pelaksanaan kegiatan penataan ruangan yang meliputi: (a) penetaan fisik ruangan terkait tata letak meja kursi sesuai standar, penempatan papan putih, penataan ventilasi atau pengaturan cahaya yang sesuai, pengaturan benda-benda musim, pengaturan ruang diding seperti; organisasi kelas, hasil karya peserta didik, jadwal pelajaran, jadwal piket, pojok baca, jadwal pelajaran, poster yang edukasi, hiasan dinding yang menarik, yang dapat memberikan rangsangan edukasi kepada peserta didik (b) penataan tempat duduk, terkait formasi yang guru gunakan dalam kelas, kemudia penempatan peserta didik sesuai kemampuan dan karakternya, (c) pelaksanaan kegiatan pembelajaran guru, (d) penataan administrasi guru terkait kelengkapan silabus, program semester, KKM, kelender, dan Rpp, (e) implementasi kegaiatan pembelajaran aktif, inovatif, kreatif, efektif dan menyenangkan (PAIKEM). Kedua, pendayagunaan media pembelajaran oleh guru dalam meningkatkan kualitas pembelajaran tematik meliputi; media berbasis cetakan, visual, audio visual, komputer, zoom dan papan tulis, dengan tahapan (a) perencanaan pembuatan media pembelajaran, dengan memperhatikan tujuan instruksional, ketersediaan biaya, dan faktor teknis; (b) penggunaan media pembelajaran, dengan tahapan: persiapan, pelaksanaan dan evaluasi: (c) evaluasi tentang efektivitas media yang digunakan dalam pembelajaran di SDI Bina Shaliha Depok Jawa Barat.Downloads
Published
2022-02-21
How to Cite
EE Junaedi Sastradiharja, Saifuddin Zuhri, Yuliarti, & Junaidin. (2022). Manajemen Kelas Dalam Peningkatan Kualitas Pembelajaran Tematik Kelas Awal 1-3 di SDI Bina Shaliha Depok Jawa Barat. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(1), 410–418. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i1.3729
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2021 Edi Junaedi Sastradiharja jul, Saifuddin Zuhri, Yuliarti, Junaidin
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).